Kemenkumham Sumsel bakti sosial dan ziarah TMP pada Hari Pengayoman

id Kemenkumham Sumsel, gelar kegiatan sosial, baksos, ziarah makam pahlawan, tmp, ziarah, makam pahlawan, hari pengayoman

Kemenkumham Sumsel bakti sosial dan ziarah TMP pada Hari Pengayoman

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djayavberkootdinadi dengan Pj Wali Kota Lubuklinggau untik siapkan peresmian UKK Lubuklinggau (ANTARA/HO/Kemenkumham SS/24)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan bersama jajaran menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial dan ziarah ke makam pahlawan dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 pada 2024 ini.

"Hari ini kami menggelar upacara, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, dan sebelumnya hingga Hari Pengayoman pada 19 Agustus 2024 digelar kegiatan sosial dan lainnya," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Mulyadi seusai memimpin kegiatan sakral tersebut, di TMP Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, Hari Pengayoman ke-79 tahun ini mengangkat tema 'Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045'.

Untuk menyambut dan menyemarakkan hari jadi Kemenkumham itu berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan mulai dari bakti sosial, donor darah, pelayanan publik, turnamen olahraga hingga puncaknya pada 19 Agustus 2024 nanti, yakni upacara dan syukuran, jelasnya.

Mengawali kegiatan di TMP Ksatria Ksetra Siguntang, Kadivpas Mulyadi selaku inspektur upacara memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Tampak seluruh peserta sangat tenang dan menghayati upacara tersebut.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga itu juga dilaksanakan serentak oleh seluruh UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sumatera Selatan di wilayahnya masing-masing.

Mulyadi secara khidmat meletakkan karangan bunga di monumen TMP Ksatria Ksetra Siguntang Palembang sebagai wujud penghormatan dan penghargaan, didampingi Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Ika Ahyani Kurniawati, dan Kepala Lapas Kelas I Palembang Saverius Essau Gustaf Johannes yang menaburkan bunga di makam pahlawan.

Ziarah ini adalah momentum panggilan hati untuk seluruh insan Pengayoman agar dapat merenungkan perjuangan para pahlawan yang telah memberikan jiwa raganya kepada bumi pertiwi.

"Kita sebagai generasi penerus harus mengabadikan jasa mereka dengan bekerja keras dan melayani setulus hati demi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM,” ujar Mulyadi.

Sebelumnya Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan, menyambut Hari Pengayoman 2024 ini pihaknya menggelar berbagai kegiatan sosial, olahraga dan pelayanan publik melalui satuan kerja/UPT yang tersebar di 17 kabupaten dan kota.

Kemudian pada 7 Agustus 2024 dijadwalkan secara serentak upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di wilayah masing-masing UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi.

Upacara dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan secara serentak di seluruh wilayah UPT se-Sumsel sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, setiap langkah dan perbuatan para pahlawan harus diteladani oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel,” kata Kakanwil Ilham.