Kawasan BKB tempat favorit peserta Fornas VI Palembang

id Kawasan BKB, bkb, bkb tempat pavorit peserta Fornas, objek wisata palembang, destinasi wisata palembang

Kawasan BKB tempat favorit peserta Fornas VI Palembang

Objek wisata Pulau Kemaro Palembang.(ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Kawasan wisata Benteng Kuto Besak (BKB) menjadi tempat favorit peserta dan tamu yang menghadiri Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang, Sumatera Selatan pada 1-7 Juli 2022.

Sejumlah peserta dan tamu Fornas di kawasan BKB Palembang, Selasa, mengatakan tempat wisata ini mudah dijangkau dari tempat menginap dan bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain di sekitarnya termasuk wisata air menyusuri Sungai Musi ke Pulau Kemaro.

Rendi salah seorang pendamping peserta Fornas VI dari DKI Jakarta mengatakan selama berlangsungnya kegiatan olahraga itu dia bersama teman-temannya sudah tiga kali mengunjungi BKB  dan objek lain di sekitarnya serta dua kali ke Pulau Kemaro.

"Teman-teman setelah selesai bertanding biasanya meminta diajak ke tempat wisata, yang paling mudah dijangkau dan cukup bagus kawasan BKB," ujarnya.

Baca juga: Pemkot manfaatkan Fornas VI wujudkan Palembang sebagai kota wisata
Menurut dia, ketika berada di kawasan BKB, bisa mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), shalat di Masjid Agung Palembamg, swafoto di Jembatan Ampera, dan menikmati wisata air ke Pulau Kemaro.

Khusus di Pulau Kemaro,  ada bangunan pagoda berlantai sembilan dengan vihara dan bangunan ibadah umat Buddha yang cukup bagus dan keren untuk berswafoto  di sebar ke media sosial.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Palembang Sulaiman Amin mengatakan pihaknya mengajak para peserta dan tamu Fornas VI   untuk menyempatkan diri berwisata di kota pempek ini.

“Kami mengajak seluruh peserta Fornas dari 33 provinsi  bersama keluarga dan pendamping  untuk mengunjungi berbagai objek wisata  dan menikmati kuliner khas daerah seperti pempek dan lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi  selain kawasan BKB ada wisata religi museum Al-Quran Al-Akbar di Gandus, Masjid Agung SMB Jayo Wikramo, Masjid Kiai Muara Ogan (Ki Marogan), dan  Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo, kata Sulaiman.