Kapolres OKU resmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba

id Kampung Tangguh Bersih Narkoba, peredaran narkoba, generasi penerus bangsa, Polres OKU, Desa Karang Endah

Kapolres OKU resmikan Kampung Tangguh Bersih  Narkoba

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga meresmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Karang Endah, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, AKBP Arif Hidayat Ritonga meresmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Desa Karang Endah, Kecamatan Baturaja Barat, untuk menekan angka kasus penyalahgunaan narkoba di daerah ini.

"Kampung Tangguh Bersih Narkoba ini merupakan 'pilot project' dari Kapolri untuk mengajak pemerintah desa agar menjaga warga dari peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang lain," katanya didampingi Kasi Humas Polres OKU, Mardi Nursal di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, pendirian Kampung Tangguh Bersih Narkoba melibatkan semua unsur mulai dari kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), TNI, dan masyarakat untuk mencegah agar peredaran narkoba tidak semakin berkembang di daerah ini.

Ia berharap kampung narkoba ini dapat dikembangkan hingga ke desa lain agar wilayah hukum Polres OKU bersih dari penyalahgunaan narkoba.

"Yang terpenting peran masyarakat sangat diharapkan agar aktif terhadap pencegahan dan pemberantasan narkoba mengingat peredaran di Kabupaten OKU sejak beberapa bulan terakhir cukup tinggi," ujarnya.

Berdasarkan data selama dua pekan terakhir sepanjang Juni 2021 Polres OKU mengungkap enam kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja dan sabu-sabu dengan menangkap delapan pengedar dan pengguna barang haram tersebut.

Hal itu menunjukkan peredaran narkoba di Kabupaten OKU cukup memprihatinkan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan agar generasi penerus bangsa selamat dari bahaya narkoba.

"Melalui Kampung Tangguh Bersih Narkoba diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terlibat narkoba," tegasnya.