Viral di medsos Ambulans bantuan warga Padang turut evakuasi korban di Palestina

id ambulans.,ambulans act di palestina,ambulans bantuan warga padang,konflik palestina-israel,palestina

Viral di medsos Ambulans bantuan warga Padang turut evakuasi korban di Palestina

Ambulan berlogo Pemkot Padang digunakan untuk mengevakuasi korban serangan Israel di Palestina. ANTARA/HO-Diskominfo Padang

Padang (ANTARA) - Satu unit ambulan berwarna putih dengan logo Pemerintah Kota Padang dan tulisan Kota Padang Indonesia berdampingan dengan logo Aksi Cepat Tanggap (ACT) terpantau viral fotonya di media sosial membantu mengevakuasi korban serangan Israel di Palestina.

Branch Manager ACT Padang Aan Saputra di Padang, Senin mengatakan ambulan tersebut merupakan sumbangan warga Kota Padang untuk Palestina melalui Pemkot Padang dan ACT.

"Bantuan tersebut dihimpun pada awal 2020 dan disalurkan pada Mei 2020 berupa satu unit ambulan yang ketika itu wali kota masih dijabat Mahyeldi," kata dia.

Ia menyampaikan tidak hanya memberikan bantuan satu unit ambulan pemerintah Kota Padang juga mendukung operasional ambulan tersebut.

"Untuk operasional ambulan langsung dikelola oleh perwakilan ACT di Palestina," ujarnya.

Baca juga: ACT Sumsel kibarkan bendera Palestina-RI Raksasa di Benteng Kuto Besak Palembang
Baca juga: ACT Sumsel-Pegadaian bagikan 100 paket pangan Ramadhan kepada warga plaju

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Padang Ferimulyani Hamid juga menyampaikan ambulan berlogo Kota Padang tersebut merupakan sumbangan warga dan Pemerintah Kota Padang. 

“Benar. Sumbangan melalui ACT, lalu terkumpul dan dimanfaatkan,” kata dia.

Ia mengatakan donasi yang dilakukan merupakan kerja sama Pemerintah Kota Padang dengan ACT. Setelah donasi terkumpul dimanfaatkan untuk membeli ambulan pada tahun 2020.

“Satu unit ambulan dibeli di sana, kami hanya membantu donasi. Sumbangan tidak hanya dari Pemkot tapi juga warga Kota Padang,” katanya.

Ia bersyukur ambulan tersebut bermanfaat bagi warga Palestina saat ini.

“Alhamdulillah bisa dimanfaatkan. Dalam ambulan itu tentu lengkap, ada oksigen, untuk pertolongan pertama kedaruratan. Ini bedanya dengan mobil jenazah,” ujarnya.