jasa penukaran uang baru marak di Taman Kota Baturaja

id Uang baru, jasa tukar uang, Taman Kota Baturaja, Lebaran Idul Fitri, bisnis musiman, Bank Sumsel Babel

jasa penukaran uang baru marak di Taman Kota Baturaja

Ilustrasi jasa penukaran uang baru. (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Jasa penukaran uang baru menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah marak di Taman Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan yang dimanfaatkan masyarakat sebagai bisnis musiman guna mencari keuntungan untuk lebaran.

Herman, salah satu penyedia jasa penukaran uang baru di Baturaja ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu, menjelaskan bisnis musiman ini ditekuninya setiap tahun menjelang Lebarandengan  menggelar lapak di seputaran jalan Taman Kota Baturaja.

Menurut dia, minat masyarakat cukup tinggi emanfaatkan jasa penukaran uang baru di pinggir jalan tersebut karena malas antre di loket bank. Adapun uang baru yang disediakan mulai dari pecahan Rp1.000, Rp2.000 hingga Rp20.000.

"Semua pecahan uang baru ada, kecuali Rp50.000 dan Rp100.000 karena jarang diminati masyarakat," ujarnya.

Setiap penukaran dengan nilai Rp100.000, Herman mengaku mengambil keuntungan 10 persen atau senilai Rp10.000.

"Uang baru ini kami dapat melalui antre di bank pada awal Ramadhan lalu. Mengenai keuntungan dari jasa ini lumayan banyak. Satu hari bisa untung Rp150.000 hingga Rp200.000," katanya.

Pantauan Antara di Taman Kota Baturaja, Sabtu terlihat puluhan lapak jasa penukaran uang baru berbaris di pinggir jalan Taman Kota Baturaja di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Baturaja Timur.

Masyarakat yang memanfaatkan bisnis tahunan ini mengaku mendapat keuntungan dari jasa penukaran uang baru antara 10-15 persen per Rp100.000.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Bank SumselBabel Baturaja, Izzudin secara terpisah mengimbau masyarakat waspada terhadap peredaran uang palsu yang biasanya marak beredar menjelang Lebaran.

"Khususnya para jasa penukaran uang di pinggir jalan ini harus hati-hati dan lebih teliti sebelum melakukan penukaran uang baru," kata dia.

Dia menambahkan, Bank Sumsel Babel saat ini melayani penukaran uang baru dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000 dan Rp50.000 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Para nasabah diwajibkan memakai masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu tubuh oleh pihak keamanan di pintu masuk BSB Baturaja dan membatasi nasabah di dalam ruangan.

"Untuk persediaan uang baru jumlahnya belum pasti karena kami mendapat jatah dari kas titipan Bank Indonesia," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar