Museum Balaputra Dewa terima hibah alat tenun songket antik

id museum balaputra dewa, koleksi museum balaputra dewa terus bertambah, koleksi musem balaputra dewa, hibah benda sejarah

Museum Balaputra Dewa terima  hibah alat tenun songket antik

Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang, Provinsi Sumatera Selatan pada Januari 2021 menerima hibah alat tenun songket antik berusia ratusan tahun dari seniman tari tradisional setempat, Anna Kumari.

Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang Chandra Amprayadi di Palembang, Jumat, mengatakan sumbangan alat tenun songket tersebut memperkaya koleksi museum yang diharapkan dapat menambah daya tarik masyarakat dan wisatawan berkunjung ke tempat itu.

Menurut dia, kepercayaan masyarakat untuk menyerahkan koleksi pribadinya ke museum akhir-akhir ini semakin tinggi, terbukti koleksi museum yang bersumber dari hibah dalam dua tahun terakhir terus bertambah.

Jika ada masyarakat yang memiliki benda bersejarah dan pusaka yang koleksinya tersebut ingin dihibahkan ke museum agar lebih terawat dan bisa dilihat oleh banyak orang, kata dia, disilakan menghubungi petugas Museum Balaputra Dewa di Jalan Srijaya I Nomor 28 kawasan KM 6,5 Palembang.

Dia menjelaskan Museum Balaputra Dewa menyimpan koleksi mulai dari zaman prasejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, hingga zaman kolonialisme Belanda.

Koleksi museum diupayakan terus bertambah. Dalam tiga tahun terakhir pihaknya telah menambah 2.000 lebih koleksi baru yang diperoleh dari hibah masyarakat dari berbagai daerah di Sumsel, bahkan dari provinsi lain.

Barang yang dihibahkan ke museum, kata dia, akan dipelihara dengan baik dan dipamerkan untuk umum di ruangan khusus koleksi hibah masyarakat.

"Pemilik benda sejarah dan pusaka akan selalu dikenang karena namanya ditulis bersamaan dengan keterangan benda yang dipajang di museum," kata Chandra.