Twitter: Peretasan bermula dari serangan ponsel

id twitter,twitter retas,retas twitter,akun pribadi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Twitter: Peretasan bermula dari serangan ponsel

Logo Twitter (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Twitter Inc menyatakan kasus peretasan di platform tersebut beberapa waktu lalu bermula dari serangan "spear-phishing" dari ponsel.

Reuters mengutip unggahan di blog resmi Twitter, yang kini sudah dihapus, menuliskan peretas menargetkan karyawan tertentu yang memiliki akun di sistem internal mikroblog tersebut.

Baca juga: Cegah penyalahgunaan dan pelecehan, Twitter uji coba batasi tweet balasan

Twitter menyatakan sudah membatasi akses ke sistem dan perangkat internal sejak kejadian tersebut.

Peretas mengincar 130 akun dalam pembobolan tersebut, mereka mencuit dari 45 akun, mengakses kotak pesan 36 akun dan mengunduh data dari tujuh akun.

Spear-phishing adalah serangan berupa mengirim email seolah-olah berasal dari pengirim yang terpercaya. Peretas melalui email tersebut ingin mendapatkan informasi rahasia dari korban.

Baca juga: Serial manga "Haikyuu!!" puncaki trending Twitter

Pertengahan bulan ini, akun-akun terverifikasi di Twitter diretas dan mencuitkan permintaan mengirim mata uang kripto bitcoin.

Akun yang diretas antara lain milik mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, kandidat presiden AS Joe Biden, selebriti Kim Kardashian dan bos Tesla, Elon Musk.

Baca juga: Twittter, peretas ambil data delapan akun terverifikasi
Baca juga: FBI selidiki peretasan akun twitter orang penting