Kadin Sumsel desak kalangan perbankan jemput bola restrukturisasi kredit UMKM

id UMKM,pelaku UMKM,restrukturisasi kredit,kadin,kadin sumsel,covid-19,covid-19 sumsel,virus corona sumsel,kredit umkm

Kadin Sumsel desak kalangan perbankan jemput bola restrukturisasi kredit UMKM

Ketua Kadin Sumsel Dodi Reza (kiri) menyerahkan bantuan alat pelindung diri ke perwakilan Rumah Sakit Bari dan Rumah Sakit Muhammadiyah di Palembang, Jumat (18/5). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Ketua Kamar Dagang Industri Provinsi Sumatera Selatan Dodi Reza Alex mendesak kalangan perbankan jemput bola membantu pelaku UMKM terdampak COVID-19 untuk restrukturisasi kredit.

Dodi di Palembang, Jumat, mengatakan, restrukturisasi kredit ini untuk meringankan beban pelaku UMKM yang saat ini sangat terdampak wabah virus corona.

“Kondisi saat ini berbeda dengan krisis 1998, sebelumnya pelaku UMKM jadi bumper perekonomian nasional tapi kini mereka juga terdampak,” kata Dodi.

Menurut dia, di masa pandemi ini hampir semua pelaku UMKM terdampak secara ekonomi, sementara di sisi lain negara tidak memberikan subsidi untuk pelaku UMKM.

Oleh sebab itu, Kadin meminta perbankan melakukan jemput bola hingga menyisir ke pelosok desa.

Para pelaku UMKM juga diharapkan tidak berputus asa atas keadaan ini, malahan menjadikan tantangan tersendiri seperti yang dilakukan pelaku UMKM di Musi Banyuasin.

Dodi yang juga Bupati Musi Banyuasin ini mengatakan kabupatennya melibatkan pelaku UMKM untuk pembuatan satu juta masker yang dibagi ke warga tak mampu.

“Kreatifitas sangat dibutuhkan di tengah pandemi ini, saya berharap pelaku UMKM dapat bertahan,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar