Stasiun Baturaja disemprot cairan disinfektan antisipasi corona

id stasiun baturaja

Stasiun Baturaja disemprot cairan disinfektan antisipasi corona

Penumpang kereta api di Stasiun KA Baturaja diperiksa suhu tubuh. (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Stasiun Kereta Api (KA) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan disemprot cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona baru atau COVID-19.

"Setiap sudut ruangan khususnya ruang loket disemprot dengan cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona," kata Kepala Stasiun KA Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Bahri di Baturaja, Kamis.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya pencegahan COVID-19 pihaknya juga bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh penumpang yang menggunakan jasa transportasi tersebut.

"Kalau pemeriksaan ini sudah kami lakukan sejak beberapa hari lalu hingga batas waktu yang belum ditentukan," katanya.

Dia mengemukakan pemeriksaan terhadap ratusan penumpang yang menggunakan jasa angkutan tersebut dilakukan pada jam keberangkatan kereta api hingga malam hari.

"Karena stasiun ini juga memberangkatkan penumpang pada malam dan pagi hari," tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Husni Thamrin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto menambahkan selain di Stasiun KA Baturaja, pemeriksaan suhu tubuh penumpang juga dilakukan di Terminal Tipe A Batukuning dan sejumlah loket Bus AKAP di wilayah setempat.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan tidak ada yang terpapar Virus Corona," kata dia.

Dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya juga menyiapkan mobil ambulans guna mengangkut penumpang yang terindikasi terpapar COVID-19.

"Jika ada penumpang dengan suhu tubuh di atas 38 derajat akan langsung diisolasi, dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans tersebut," tegas dia.