Perusahaan AS tertarik garap sektor potensial Sumsel

id gubernur sumsel, alex noerdin, duta besar as, robert o blake, perusahaan amerika serikat

Perusahaan AS tertarik garap sektor potensial Sumsel

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake (kiri) berdialog bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kanan) dan jajaran SKPD serta sejumlah perusahaan barang dan Jasa dari Amerika, di Griya Agung Palembang, Senin (23/5). (Foto A

....Sumsel menjadi daerah yang diperkirakan akan berkembang dengan pesat di masa datang....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 17 perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tertarik menggarap tiga sektor potensial di Sumatera Selatan (Sumsel) yakni energi, infrastruktur dan pendidikan.

Duta Besar Amerika untuk Indonesia Robert O Blake di Palembang, Selasa, mengatakan ketertarikan perusahaan AS ini lantaran melihat potensi yang dimiliki Sumsel di bidang Sumber Daya Alam dan sebentar lagi akan menjadi penyelenggara Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Sumsel menjadi daerah yang diperkirakan akan berkembang dengan pesat di masa datang, untuk itu perlu masuknya investor untuk menggarap beberapa sektor dan pengusaha AS sangat tertarik untuk ambil bagian," kata Robert O Blake.

Ia mengemukakan salah satu sektor yang diperkirakan akan berkembang dengan pesat itu yakni sektor energi karena seiring dengan perkembangan daerah maka dibutuhkan pasokan energi listrik yang cukup besar.

"Oleh karena itu, saya membawa pengusaha dari 17 perusahaan AS untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah ini," kata dia.

Selain di bidang energi, AS juga mengamati bahwa bidang pendidikan juga cukup menjanjikan.

Beberapa universitas asal AS sangat tertarik untuk menjalin kemitraan dengan universitas di Sumsel di bidang seni.

"Pada kedatangan kali ini, saya juga membahas mengenai dukungan Amerika di bidang sistem keamanan, teknologi, tata kota smart city dalam pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang," kata dia.

Kedatangan Duta Besar AS ke Sumsel bersama belasan pengusaha ini merupakan rangkaian menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke-240 tahun.