Penderita diabetes, dianjurkan tak sembarang konsumsi gula

id Gula, diabetes, gula darah, makanan manis

Penderita diabetes, dianjurkan tak sembarang konsumsi gula

Gula pasir yang beredar di pasaran biasanya mengandung sukrosa, pada penderita diabetes sukrosa masih diperbolehkan dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya. ANTARA/Sizuka

Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis gizi klinik Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, dr. Rozana Nurfitri Yulia, M.Gizi, Sp.GK mengatakan penderita diabetes melitus (DM) harus memperhatikan pilihan gula yang dikonsumsi untuk menjaga gula darah tidak naik drastis.
 
"Yang harus kita perhatikan pertama ada DM nggak, gula darahnya tinggi nggak, diabetes ga, kalau orang dengan diabetes kalau saya saran hanya gula pengganti, kalau nggak diabetes boleh maksimal 4 sendok makan," katanya dalam diskusi daring yang diikuti, Rabu.
 
Rozana mengatakan gula yang biasa dikonsumsi masyarakat atau yang dijual di pasaran biasanya gula putih dan mengandung sukrosa.
 
Dia mengatakan pada penderita diabetes sukrosa masih diperbolehkan dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya. Yang menjadi bahaya jika sukrosa sudah menjadi pemanis dalam minuman kemasan.
 
"Yang bahaya sukrosa yang dimasukkan ke dalam kemasan, itu menyebabkan peningkatan asam urat," ujarnya.