Raih untung lewat program kesatria, petani OKI berhasil panen padi gogo di lahan sawit

id program kesatria,Desa Gedung Rejo,panen padi gogo,Organisme Pengganggu Tumbuhan

Raih untung lewat program kesatria, petani OKI berhasil panen padi gogo di lahan sawit

Panen padi gogo di perkebunan sawit, (ANTARA/HO-OKI)

Kayu Agung, OKI (ANTARA) - Kabar baik datang dari Petani Ogan Komering Ilir (OKI), melalui Program Kesatria, Gapoktan Harapan Mukti Desa Gedung Rejo Kecamatan Mesuji Raya Kab OKI Sumatera Selatan, berhasil melakukan panen padi gogo di perkebunan sawit, Rabu (26/6).

Panen ini hasil dari inisiasi penanaman yang dilakukan Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Heru Tri Widarto, pada bulan Maret lalu.

Ketua gabungan kelompok tani (gapoktan), Pujono sangat berterimakasih kepada Kementerian Pertanian khususnya Ditjen Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komelir Ilir dan semua pihak yang terlibat.

"Dengan adanya panen perdana ini kami berharap bisa menjadi percontohan untuk kelompok tani lain agar mau menanam padi gogo di sela tanaman kelapa sawit," ujar Pujono.

Pujono juga berharap agar pemerintah terus mendukung kegiatan ini terutama untuk pengairan pada musim kemarau dan memberikan sosialisasi bagaimana cara pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)."


Selain Pujono, hadir saat pemanenan, Karsa salah satu anggota gapoktan mengungkapkan sangat puas dengan hasil panen yang diterima, masa tanam hingga panen dapat diminimalisir berkat pupuk cair hasil inovasinya. Melihat hasil panen yang memuaskan, para petani juga siap untuk melanjutkan program ini dan menyanggupi penanaman yang ke dua ditahun ini.

"Panen padi di sela tanaman kelapa sawit ini sangat menguntungkan bagi petani, hasil panen ini sangat membantu perekonomian petani sehingga bisa mendapatkan penghasilan lebih selagi menunggu tanaman sawit menghasilkan," ujar Karsa