Kilang Pertamina Plaju gelar SMEEC untuk naikkan kelas UMKM Sumbagsel

id Tim CSR Kilang Plaju, kilang plaju, ru 3, naikkan kelas UMKM, umkm, umkm sumbagsel, smeec, kompetisi smeec

Kilang Pertamina Plaju gelar SMEEC untuk naikkan kelas UMKM Sumbagsel

Kilang Plaju naikkan kelas UMKM SumbagselĀ dengan menggelar kompetisi SMEEC. (ANTARA/HO/Kilang Plaju/2024)

Palembang (ANTARA) - Tim CSR Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) Palembang menaikkan kelas UMKM di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan menggelar Small Medium Enterprise Empowerment Competition (SMEEC) 2024.

"Untuk menaikkan kelas UMKM, kami menggandeng mahasiswa untuk mengembangkan inovasi yang berpotensi membuat pelaku UMKM mampu bersaing hingga pasar internasional melalui kompetisi SMEEC," kata Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Plaju, Siti Rachmi Indahsari, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, SMEEC merupakan sebuah lomba bisnis yang diadakan oleh Kilang Pertamina Plaju bagi mahasiswa di wilayah Sumbagsel untuk memberdayakan UMKM mitra binaan perusahaan.

Para mahasiswa terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Sumbagsel dilibatkan menjadi bagian penting untuk membantu perusahaan dalam upaya membuat UMKM mitra binaan di Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung (Sumbagsel) naik kelas.

Inovasi baru yang diciptakan Tim CSR Kilang Plaju bersama mahasiswa untuk membawa UMKM mitra binaan menuju kelas yang lebih tinggi ditampilkan pada acara final "Presentation 3rd SMEEC 2024".

Dengan semangat inovasi dan keberlanjutan, final "Presentation 3rd SMEEC" tidak hanya memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, tetapi juga membuka jalan bagi peningkatan perekonomian yang lebih luas serta berkelanjutan di seluruh Indonesia.

"Saya berharap, kendati kompetisi ini dinyatakan berakhir usai grand final pada 2 Juni 2024, semangat para peserta dapat terus menyala untuk membantu pengembangan UMKM di Sumbagsel dan tanah air secara umum melalui kolaborasi dan pendampingan yang efektif," ujarnya.

Dia menjelaskan, kompetisi bisnis untuk mahasiswa yang digelar PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju 3rd SMEEC pada Mei 2024 ini memasuki masa presentasi akhir.

Ajang tersebut mengusung tema "Embracing for Sustainable Growth", pada tahapan final ini ada delapan peserta terpilih menyuguhkan hasil pendampingan UMKM mitra binaan selama tiga bulan terakhir untuk menjadi juara.

Terdapat delapan peserta yang mendampingi delapan UMKM mitra binaan yaitu Amigos (Keripik Tempe Bu Mar), Smeeja (Bakso Legenda), Electrizen (Kentang Mustofa Azalea), Energyzz (Madu Mauqu), 4grow (Mahar Palembang Murah), Tim Fanazzzy (Mari Berkarya) Promax (Keripik Pakcoy), dan Onschool (Rosella Hijab), kata Siti Rachmi.