Longsor sempat lumpuhkan jalan lintas Mekakau-Pulau Berigin OKU Selatan

id Longsor OKU Selatan, tanah longsor, ruas jalan, BPBD OKU Selatan

Longsor sempat lumpuhkan jalan lintas Mekakau-Pulau Berigin OKU Selatan

Personel BPBD OKU Selatan membersihkan material longsor menggunakan alat berat, Minggu (3/3/2024). (ANTARA/Edo Purmana)

Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan lintas penghubung dua kecamatan di wilayah itu.

Kepala BPBD OKU Selatan, Koni Romli di Muaradua, Minggu mengatakan, intensitas curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu (2/3) malam menyebabkan terjadinya bencana longsor.

Longsoran tanah dari atas bukit menutup ruas jalan lintas di Kecamatan Mekakau Ilir dan Pulau Beringin hingga arus lalulintas lumpuh total.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, namun akibat bencana alam jalur tersebut tidak bisa dilewati kendaraan karena jalan tertutup longsoran tanah.

Terkait hal itu, BPBD OKU Selatan bergerak cepat dengan menurunkan alat berat guna membersihkan material longsor agar arus lalulintas kembali lancar.

Petugas di lapangan pun membuka jalan alternatif untuk kendaraan roda dua dan empat agar dapat melintas menuju Kecamatan Mekakau Ilir ke Pulau Beringin maupun sebaliknya.

"Pembukaan akses jalan alternatif ini hanya bersifat sementara untuk memastikan aktivitas warga tidak terganggu," jelasnya.

Menurut dia, proses pembersihan material longsor telah selesai dikerjakan petugas di lapangan, namun masih perlu dilakukan upaya perbaikan jangka panjang pada jalan karena mengalami kerusakan yang cukup parah akibat longsor.

"Perlu dilakukan penanganan jangka panjang mengingat kerusakan parah terjadi pada badan jalan utama akibat longsor. Hal ini masih akan kami bahas lebih lanjut dengan pihak terkait mengingat pengerjaannya memerlukan perencanaan yang matang," ujarnya.