BPBD OKU padamkan karhutla di Sekarjaya

id kebakaran lahan, BPBD OKU,Karhutla oku

BPBD OKU padamkan karhutla di Sekarjaya

Tim Satgas Karhutla memadamkan api kebakaran lahan di Kabupaten OKU, Senin (13/11/2023). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di lahan kosong wilayah Kelurahan Sekarjaya.

"Peristiwa karhutla terjadi sore tadi sekitar pukul 17.30 WIB," kata Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan di lahan kering yang mudah terbakar hingga memicu kobaran api.

Beruntung, berkat kesigapan petugas di lapangan api cepat dipadamkan hingga tidak menyebar luas ke pemukiman warga di sekitar lokasi.

"Setelah berjibaku sekitar satu jam akhirnya api berhasil dipadamkan. Saat ini masih dalam proses pendinginan," katanya.

Dalam melakukan pemadaman, Tim Satgas Karhutla Kabupaten OKU mengerahkan satu unit mobil tangki air untuk memadamkan kobaran api di tempat kejadian perkara.

"Ada sekitar setengah hektare lahan yang hangus terbakar, namun tidak sampai menimbulkan dampak kabut asap," tegasnya.

Menurut dia, peristiwa karhutla di daerah tersebut saat ini jauh berkurang sejak Kabupaten OKU diguyur hujan hingga banyak titik api yang padam.

Berdasarkan data, hujan deras yang terjadi pada pertengahan Oktober 2023 telah memadamkan sebanyak 110 titik api karhutla yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah itu.

"Mudah-mudahan hujan kembali mengguyur Kabupaten OKU agar daerah kita ini benar-benar bebas dari karhutla," harapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD OKU padamkan api karhutla di Sekarjaya