Puluhan seniman disabilitas 12 negara pameran karya

id Jogja International Disability Art Biennale ,Pameran seni rupa ,Galeri Katamsi ISI Yogyakarta,ISI Yogyakarta

Puluhan seniman disabilitas 12 negara pameran karya

Ketua Jogja International Disability Art Biennale 2023 pada pameran karya seni rupa di Galeri R.J Katamsi ISI Yogyakarta. Jumat (13/10/2023) (ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 54 seniman disabilitas yang berasal dari 12 negara memamerkan karya dalam pameran seni rupa internasional bertajuk Jogja International Disability Art Biennale di Galeri R.J Katamsi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, pada 13 sampai 21 Oktober 2023.

"Pameran seni rupa internasional dengan tema "Interchange" ini melatarbelakangi adanya pertautan antara seni dan disabilitas yang memiliki banyak dimensi," kata Ketua Jogja International Disability Art Biennale 2023 Rudy Gunawan dalam keterangannya saat membuka pameran tersebut di ISI Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, 54 seniman disabilitas dari 12 negara itu terdiri 17 seniman dari luar negeri, dan 37 seniman dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surabaya, Madiun, Jakarta, Lampung, Banten, Bandung, Bali, Cirebon, Magetan, Pandeglang, Purworejo, Bengkulu, dan Demak.

"Total ada 67 karya seni rupa dua dimensi, video dan instalasi yang dipamerkan dalam pameran seni rupa Jogja International Disability Art Biennale 2023," katanya.

Menurut dia, seni menjadi medium untuk merepresentasikan kondisi disabilitas. Bagi penyandang disabilitas, seni merupakan medium ekspresif sebagai sarana menemukan kedirian maupun ketubuhan mereka.

"Selain itu, dalam tataran yang lebih luas, seni menjadi perangkat untuk mendorong kepedulian publik terhadap isu-isu yang berkaitan dengan disabilitas," katanya.

Meski demikian, kata dia, seni semestinya tak berhenti pada ikhtiar membuka kesadaran publik terhadap perkara disabilitas, tapi seni juga membuka ruang kolaborasi antara kalangan penyandang disabilitas dan bukan penyandang disabilitas.

"Melalui kolaborasi seni itu akan terjadi pemahaman yang lebih baik terhadap kondisi disabilitas serta membuka ruang dialog yang lebih leluasa dalam melihat persoalan disabilitas," katanya.

Oleh karena itu, pada tahun 2023, Jogja International Disability Art Biennale (JIDAB) memilih tema "Interchange" yang menggarisbawahi adanya proses kolaborasi artistik yang diwarnai oleh pertukaran gagasan melalui praktik kreatif di medan seni.

"Proses kolaborasi tentu tak sekadar menyatukan dua gagasan maupun praktik kreatif yang berbeda, melainkan juga melahirkan keinsafan baru tentang pentingnya memahami dan menaruh hormat pada pihak lain serta kesadaran ada hal yang jauh lebih ketimbang dilakukan sendirian," katanya.

Pameran Jogja International Disability Art Biennale 2023 tersebut dengan kurator Budi Irawanto dari UGM, Indonesia, Vina Puspita dari Inggris, Matthew Clay-Robinson dari York University, Amerika Serikat, Sukri Budi Dharma dari Jogja Disability Arts Indonesia, dan Nano Warsono dari ISI Yogyakarta Indonesia.

Selain pameran karya seni rupa, Jogja International Disability Art Biennale selama sepekan lebih di Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta juga dilengkapi dengan rangkaian program publik berupa Seminar International, Focus Grup Discussion, Workshop dan pemberian penghargaan.
Karya seni rupa pada pameran Jogja International Disability Art Biennale 2023 di Galeri R.J Katamsi ISI Yogyakarta. Jumat (13/10/2023) (ANTARA/Hery Sidik)