Jelang Pemilu 2024 jasa percetakan di Palembang 'banjir' pesanan

id Pemilu 2024, jasa percetakan, cetakan, alat peraga, sosialisasi, pemilu, parpol, bacaleg, orderan

Jelang Pemilu 2024 jasa percetakan di Palembang 'banjir' pesanan

Pemilik usaha jasa percetakan di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 penyedia jasa percetakan di Palembang, Sumatera Selatan banjir pesanan (orderan) terutama permintaan pencetak kalender dari partai politik dan bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

Salah seorang pemilik usaha percetakan Noviardi di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir banyak pesanan alat peraga sosialisasi parpol dan bacaleg.

Permintaan pencetakan alat peraga sosialisasi itu diperkirakan lebih banyak lagi setelah KPU setempat menetapkan daftar calon anggota legislatif (caleg) tetap.

Permintaan pesanan pencetakan kalender dan alat peraga sosialisasi Pemilu 2024 tidak hanya dari Kota Palembang, tetapi juga dari Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Dia menjelaskan, harga cetak satu lembar kalender berkisar Rp3000 hingga Rp11.000 tergantung besar kecilnya ukuran kalender serta kualitas kertas dan hasil akhir cetakan.

Untuk membuat kalender, pihaknya menyediakan jasa desain, bagi siapapun yang ingin membuat kalender atau alat peraga sosialisasi dan promosi tidak perlu repot membuat disain sendiri.

"Silakan datang ke toko, tim kami akan membantu mendesain kalender atau alat peraga sosialisasi Pemilu 2024 sesuai dengan keinginan pemesan," ujarnya.

Penyedia jasa percetakan lainnya Susi menambahkan permintaan jasa pencetakan sekarang ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan hari biasanya.

"Alhamdulillah memasuki masa pemilu ini orderan meningkat drastis, momentum ini akan dimanfaatkan dengan baik dan diharapkan  Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai, dan lancar," ujar dia pula.