Polda Sumsel optimalkan forum lalu lintas tekan angka kecelakaan

id Polda Sumsel, optimalkan forum lalu lintas, lantas, tekan angka kecelakaan, lakalantas

Polda Sumsel optimalkan forum lalu lintas tekan angka kecelakaan

Kapolda Sunsel, Irjen Pol.A Rachmad Wibowo. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan mengoptimalkan Forum Lalu Lintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah provinsi  dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Melalui Forum Lalu Lintas, berbagai permasalahan penyebab meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas dan solusinya bisa dibahas bersama," kata Kapolda Sunsel, Irjen Pol.A Rachmad Wibowo  di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kecelakaan lalu lintas sebagian besar disebabkan kurangnya disiplin pengendara dalam mematuhi  aturan lalu lintas. 

"Sekarang ini masih sangat tinggi pelanggaran yang dilakukan pengendara roda dua dan empat baik dalam hal kedisiplinan maupun peraturan lalu lintas," ujarnya.

Untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, diharapkan jajaran Ditlantas Polda Sumsel dan pemangku kepentingan (stakeholder) yang tergabung dalam Forum Lalu Lintas menggalakkan kegiatan yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya disiplin dan tertib berlalu lintas.

Jika pengendara kendaraan bermotor roda dua dan empat tidak disiplin mematuhi aturan lalu lintas, tidak hanya membahayakan keselamatan jiwa pengguna jalan lainnya, tetapi membahayakan dirinya sendiri.

Dengan mengoptimalkan Forum Lalu Lintas se-Sumsel, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu bisa diminimalkan.

Berdasarkan evaluasi dalam berbagai hal, khususnya terkait hal pelayanan pengamanan Operasi Lilin pada akhir 2022,  Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra melaporkan hasilnya jauh lebih baik dari 2021.

Hal ini didukung berkat adanya sinergisitas antara kepolisian dengan 'stakeholder' yang ada dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi aturan lalu lintas, ujar Kapolda Sumsel.