PMI Kota Palembang sosialisasikan manfaat donor darah tingkatkan pendonor

id PMI Palembang,sosialisasi, manfaat donor darah, pendonor, pendonor sukarela

PMI Kota Palembang sosialisasikan manfaat donor darah tingkatkan pendonor

Kegiatan donor darah massal (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, menggalakkan kegiatan sosialisasi manfaat donor darah kepada masyarakat di 18 kecamatan di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu untuk meningkatkan jumlah pendonor sukarela.

"Masyarakat masih kurang memahami cara menjadi pendonor darah sukarela dan manfaat donor darah bagi kesehatan, sehingga perlu diberikan edukasi dengan menurunkan tim sosialisasi ke kawasan permukiman penduduk," kata Sekretaris PMI Kota Palembang, Handayani di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang dihimpun petugas di lapangan, banyak masyarakat yang masih belum mengetahui tentang donor darah dan manfaatnya bagi kesehatan.

Berdasarkan masukan itu, pihaknya berupaya lebih menggalakkan kegiatan sosialisasi dengan menggandeng berbagai pihak, katanya.

Dia menjelaskan, seseorang yang rutin mendonorkan darahnya bisa mendapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuhnya.

Beberapa manfaat mendonorkan darah seperti bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Manfaat donor darah bagi pendonor yang teratur lainnya adalah membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan, karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Kemudian menurunkan risiko penyakit kanker, hal ini disebabkan berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

Manfaat donor darah secara rutin adalah membantu seseorang mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, hasil penelitian membuktikan bahwa donor darah dapat mengurangi kekentalan darah sehingga dapat membantu dalam menurunkan kadar LDL.

Melihat banyaknya manfaat mendonorkan darah secara rutin, masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya untuk segera mendatangi unit transfusi daerah (UTD) PMI, ujar dia pula.