Gubernur Sumsel gandeng Masyarakat Profesional Sumbagsel suarakan kemandirian pangan

id sumsel,gubernur sumsel,sumsel mandiri pangan,maspro sumsel

Gubernur Sumsel gandeng Masyarakat Profesional Sumbagsel suarakan kemandirian pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) menerima pengurus Maspro Sumbagsel di Palembang, Kamis (2/6/22). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Program ini kami jalankan setelah melaksanakan riset terlebih dahulu bahwa kebutuhan sehari-hari itu sebenarnya bisa dipenuhi sendiri, seperti dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menggandeng Masyarakat Profesional Sumatera Bagian Selatan (Maspro Sumbagsel) menyuarakan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

"Sumsel Mandiri Pangan ini berdampak besar bagi masyarakat. Seperti menjelang Idul Fitri kemarin, tidak ada polemik di masyarakat terkait harga kebutuhan pangan. Ini karena sebagian masyarakat sudah cukup mandiri," kata Herman Deru saat menerima pengurus Maspro Sumbagsel di Palembang, Kamis.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Herman Deru mengajak pengurus Maspro Sumbagsel untuk berkontribusi menggelorakan gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan Sumsel Mandiri Energi sehingga upaya untuk mengubah pola fikir masyarakat dari konsumtif menjadi produktif tersebut semakin menggema.

Apalagi, dalam waktu dekat Maspro Sumbagsel akan menggelar semacam pertemuan seperti seminar yang rencananya akan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir dan mengundang bupati, wali kota serta Ketua DPRD di Sumsel.

"Kegiatan itu tentu bisa menjadi sarana untuk menggemakan Sumsel Mandiri Pangan dan Mandiri Energi ini. Saran saya, terobosan itu, bisa menjadi tema dalam kegiatan tersebut. Dengan langkah itu, tentu gema Sumsel mandiri pangan ini lebih terdengar," kata dia.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalankan program kemandirian pangan untuk menekan angka kemiskinan yang hingga kini masih di kisaran 12 persen.

Melalui program ini diharapkan warga Sumsel dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Program ini kami jalankan setelah melaksanakan riset terlebih dahulu bahwa kebutuhan sehari-hari itu sebenarnya bisa dipenuhi sendiri, seperti dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah,” kata dia.

Terpenting, ia melanjutkan, bagaimana mengubah cara pandang masyarakat dari sebelumnya konsumtif menjadi produktif.

Ke depan, Pemprov akan menggandeng Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuat lahan percontohan yang dapat digunakan warga atau komunitas.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Maspro Sumbagsel Fachmi Idris mengapresiasi saran yang telah diberikan Gubernur Herman Deru.

Menurutnya, keberadaan Maspro Sumbagsel salah satunya memang untuk bersinergi dengan pemerintah serta mendukung program yang akan dijalankan.

"Tentu kami akan mendukung setiap gerakan yang dilakukan Pemprov Sumsel. Sinergitas terus kita bangun sehingga kemajuan Sumsel semakin meningkat," kata dia.