Gubernur Sumsel ajak masyarakat lestarikan budaya daerah

id Herman Deru,gubernur sumsel,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Tokoh adat,tokoh agama,kearifan lokal

Gubernur Sumsel ajak masyarakat lestarikan budaya daerah

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Dok.HumasProvSumsel/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan budaya daerah karena saat ini kearifan lokal tersebut hampir tenggelam.

"Saya mengajak masyarakat melestarikan budaya lokal terutama di era globalisasi sekarang ini, ujarnya di Palembang, Senin.

Dia mengatakan, di tengah derasnya arus budaya luar yang masuk kepelosok negeri ini pihaknya mengajak warga di Bumi Sriwijaya untuk kembali menghidupkan lagi budaya dan kearifan lokal yang telah banyak dilupakan.

"Budaya dan kearifan lokal merupakan bagian dari kehidupan suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Tokoh adat dan tokoh agama saya ajak, mari kita hidupkan kembali budaya dan kearifan lokal yang telah banyak ditinggalkan," kata dia.

Menurut dia, seperti halnya pagelaranwayang di Kabupaten Musirawas merupakan cara yang telah diwariskan nenek moyang yang harus tetap dipelihara.

Sekarang ini, kata dia, telah terjadi pergeseran budaya dan etika di tengah masyarakat dengan mengabaikan budaya ketimuran yang telah diwariskan nenek moyang bangsa ini di masa lampau.

"Kito lihat sendiri saat pesta pernikahanmemakai pakaian seperti orang Belanda, bajunyapanjang sampai nyapu tanah. Nah sekarang ayo kita kembali dengan busanayang ada diadat kito, pakaian adat jawa dengan blangkonnyo, adatwong plembang dengan tanjak atau jumputan. Karena ini akan lebih bernilai untuk generasi yang akan datang," ujar gubernur.

Terkait dengan acara syukuran dan silaturahim dengan warga desa Temuan Sari Kecamatan Muara Kelilingi Kabupaten Musirawas, dia mengatakan, dirinya sengaja datanguntuk berterima kasih atas kepercayaan masyarakat di Kabupaten Musirawas yang telah mempercayakan pada dirinya sehingga terpilih menjadi Gubernur Sumsel.

"Kalau dulu saya datang ke sini sebagai calon, sekarangdatang sebagai gubernur, tujuannya tidak lain untuk menjalin silaturahim sekaligusingin mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat disini, kata dia.

Dalam kunjungan tersebut gubernur juga menyerahkan bantuan berupa benih ikan lele untuk dibudidayakan dengan sistem kolam terpal bioflok.