Lukman Hakim buka festival Cap Go Meh Singkawang

id Cap Go Meh,Lukman Hakim Saifuddin,perayaan Cap Go Meh,Singkawang,berita sumsel,berita palembang,berita antara,menteri agama,perayaan tionghua

Lukman Hakim buka festival Cap Go Meh Singkawang

Arsip- Tatung Singkawang mengikuti karnaval perayaan Cap Go Meh. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Pontianak (ANTARA News Sumsel) - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden RI Joko Widodo, secara resmi membuka perayaan Cap Go Meh Kota Singkawang Tahun 2018, Jumat.

Dalam sambutannya, Kemenag mengatakan keanekaragaman budaya yang ada di Kota Singkawang menjadi salah satu aset bangsa Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan asing datang ke kota itu.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh amat beragama yang ada di Singkawang untuk meningkatkan kerukunan dan kerja sama dalam mengatasi berbagai masalah sosial di daerahnya," kata Lukman.

Dia menuturkan, jika masyarakat mampu menunjukkan kerukunan dan kebersamaan maka akan menjadi sumber kekuatan dari bangsa ini.

"Saya ingin mengingatkan kepada semua untuk mengamalkan pemahaman bahwa budaya dan tradisi kita yang sangat beragam merupakan warisan leluhur yang sangat penting untuk dipertahankan dan terus dilestarikan, seperti pada perayaan CGM di Singkawang ini," katanya.

Menurutnya, CGM tahun ini menjadi kegiatan terbesar yang pernah dilakukan oleh Pemkot dan masyarakat Singkawang. "Kita harapkan tahun depan, kegiatan ini bisa lebih baik dan semakin spektakuler," kata Lukman.

Di tempat yang sama, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama Kementerian Pariwisata yang telah mensuport kegiatan tersebut.

"Terselenggaranya kegiatan ini menjadi bukti bahwa multikulturalisme Kota Singkawang selalu terjaga dengan baik. Untuk itu saya minta kepada seluruh masyarakat Singkawang agar bisa mempertahankannya untuk kemajuan daerah ini," katanya.

Dia juga menuturkan, kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun ini akan memecahkan  empat rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), yakni: lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung terbanyak, dan replika naga terbanyak.

Rangkaian parade Tatung akan menjadi sajian atraksi utama dalam pergelaran ini. Rencananya, parade Tatung mulai berjalan mengikuti rute mulai pukul 07.00 WIB. Saat ini, tercatat jumlah Tatung yang sudah didaftarkan ke  MURI sebanyak 1.129 Tatung.

Rute yang akan dilewati mulai  halaman Kantor Wali Kota Singkawang di Jalan Firdaus- Jalan Diponegoro- Jalan Sejahtera- Jalan Budi Utomo- Jalan Salam Diman, Jalan Setia Budi-Jalan Niaga dan berakhir di Jalan Pai Bakir.
(U.KR-RDO/T.I. Wibowo)