Bengkulu gelar festival pesisir di Pantai Panjang

id pantai panjang, Festival pesisir pantai panjang, objek wisata, objek wisata Pantai, Rohidin Mersyah, wisatawan, menabuh 500 dol, alat musik khas Bengk

Bengkulu gelar festival pesisir di Pantai Panjang

Dokumentasi - Pantai Panjang Bengkulu (ANTARA/Maril Gafur)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Festival Pesisir Pantai Panjang pada 16-20 November sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 daerah yang mekar dari Provinsi Sumatera Selatan ini.

"Festival ini untuk mempromosikan objek wisata Pantai Panjang yang menjadi salah satu wisata andalan Provinsi Bengkulu guna menarik wisatawan," kata Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis.

Usai membuka "Bengkulu Expo" yang dirangkai dengan Festival Pesisir Pantai Panjang, Rohidin mengatakan kegiatan tahunan ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bengkulu.

Pelaksanaan festival dipusatkan di Pantai Panjang dan Bengkulu Expo di lapangan pusat olahraga "sport center" di sisi Pantai Panjang.

Berbagai lomba digelar untuk memeriahkan festival, antara lain lari marathon jarak 10 kilometer, lomba desain batik besurek, dan lomba meracik kopi.

Kegiatan yang pertama kali digelar untuk memecahkan rekor MURI adalah menabuh 500 dol, alat musik khas Bengkulu yang berlangsung di pinggir Pantai Panjang.

Sedangkan Bengkulu Expo diisi dengan pameran produk unggulan daerah, pasar rakyat, lomba kuliner dan pementasan kesenian daerah.

Rohidin menambahkan pameran produk unggulan daerah itu diharapkan mampu memicu perekonomian masyarakat yang bermuara pada pengentasan kemiskinan.

"Kita juga menjembatani pelaku usaha dan perajin Bengkulu untuk memasarkan produk mereka," ucapnya.

Provinsi Bengkulu ditetapkan sebagai provinsi baru dari pemekaran Provinsi Sumatera Selatan pada 18 November 1968.