Pelajar Indonesia tampilkan Roro Jonggrang di Sheffield

id penampilan, certia rakyat, roro jongrang, pelajar indonesia, Indonesian Society, Indosoc

Ilustrasi. ( Antarasumsel.com)

Sheffield, Inggris (Antarasumsel.com) - Pelajar Indonesia di Sheffield yang tergabung dalam Indonesian Society (Indosoc) menampilkan cerita rakyat Legenda Roro Jonggrang dalam International Cultural Evening 2017 di Sheffield City Hall, Sabtu (4/3) malam.

Drama singkat mengenai asal mula terbentuknya Candi Sewu di kawasan Candi Prambanan, Provinsi Jawa Tengah tersebut, diperankan oleh 15 mahasiswa dan mahasiswi asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di The University of Sheffield dan Sheffield Hallam University.

Ketua Indosoc Sheffield Steven Winata mengatakan keikutsertaan komunitas Indonesia di acara internasional tahunan tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat dan seluruh mahasiswa internasional di Sheffield.

"Semoga cerita rakyat malam hari ini membuat Indonesia semakin dikenal di kalangan dunia internasional," kata mahasiswa program sarjana jurusan Bioteknologi di The University of Sheffield itu, Sabtu malam.

Penampilan para pelajar Indonesia memukau ribuan penonton dengan tepuk tangan meriah menggema di Sheffield City Hall.

Legenda Roro Jonggrang menceritakan asa mula keberadaan Candi Sewu yang berada di kawasan Candi Prambanan di Provinsi Jawa Tengah.

Cerita bermula dari peperangan antara Kerajaan Prambanan dan Kerajaan Pengging, yang dipimpin Bandung Bondowoso, hingga dimenangi oleh Kerajaan Pengging.

Bandung Bondowoso kemudian menaruh hati kepada putri Kerajaan Prambanan yang bernama Roro Jonggrang. Namun Roro Jonggrang menolak lamaran Bandung Bondowoso dengan meminta dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam.

Menjelang pagi, Bandung Bondowoso dengan bantuan jin hampir berhasil menyelesaikan 1.000 candi; namun Roro Jonggrang mengelabuinya lewat pukulan lesung sehingga membuat jin lari ketakutan karena mengira matahari telah terbit.

Akibat tipu muslihat Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso murka dan mengutuknya menjadi candi sehingga menggenapi permintaan 1.000 candi.

Candi Sewu merupakan salah satu candi di Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Organisasi PBB di bidang Keilmuan, Pendidikan dan Kebudayaan atau UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Selain Indonesia, ada pula sejumlah komunitas internasional yang turut meramaikan ICE 2017, antara lain dari negara Korea, India, Malaysia, Singapura, Rumania, Irlandia, Pakistan dan Sri Lanka.

Wali Kota Sheffield Denise Fox dalam sambutannya mengatakan ICE menjadi wadah bagi beragam komunitas internasional di Sheffield untuk saling mengenalkan keanekaragaman budaya dan tradisi dari seluruh negara.

"Saya sangat menikmati setiap penampilan dari masing-masing komunitas, dan dengan adanya acara ini mengingatkan bahwa kita dapat hidup harmonis di kota ini dengan keberagaman yang kalian bawa dari negara kalian," kata Denise.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar