Sumber air baku PDAM OKU menyusut, pelanggan diimbau berhemat

id Air bersih, musim kemarau, pelanggan PDAM, Sungai Ogan, PDAM Tirta Raja

Sumber air baku PDAM OKU menyusut, pelanggan diimbau berhemat

PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan meminta masyarakat di wilayah itu agar bijak menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari selama musim kemarau panjang.

Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Raja OKU, Doni di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa musim kemarau sangat berpengaruh terhadap pasokan air bersih yang disalurkan ke pelanggan di wilayah setempat.

"Karena sumber air baku di beberapa kawasan Sungai Ogan di Kabupaten OKU mulai dangkal akibat musim kemarau panjang," katanya.

Doni mengakui, selama kemarau tahun ini pasokan air terhadap ribuan pelanggan cukup signifikan.

PDAM Tirta Raja mencatat beberapa sumber air di aliran Sungai Ogan mulai mengecil sehingga mempengaruhi pasokan air yang disalurkan ke pelanggan.

Aliran Sungai Ogan yang mengalami penyusutan sangat berpengaruh terhadap produksi air baku yang akan di salurkan kepada masyarakat di Kabupaten OKU.

"Selama kemarau tahun ini sekitar seribu pelanggan tercatat mengalami gangguan penyaluran air bersih mulai dari air mengecil, bahkan ada beberapa kawasan sempat tidak mengalir sama sekali," jelasnya.

Jika kemarau terus berlanjut pihaknya akan berupaya menambah pipa di sumber air aliran Sungai Ogan guna menjamin pasokan air bersih pelanggan agar tetap lancar.

"Kami terus berupaya menjamin pasokan air bersih agar tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM di tengah musim kemarau tahun ini," ujarnya.