Pj Bupati Banyuasin kunjungi Pertagas

id Sumsel, banyuasin, pertagas

Pj Bupati Banyuasin kunjungi Pertagas

Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengadakan audiensi dengan PT Pertagas yang salah satunya dalam penataan Kota Pangkalan Balai dengan membangun pedestrian, drainase dan penerangan lampu jalan. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengadakan audiensi dengan PT Pertagas yang salah satunya dalam  penataan Kota Pangkalan Balai dengan membangun pedestrian, drainase dan penerangan lampu jalan.

Pj bupati disambut langsung oleh Manager Operation Central Sumatera Area, Sugi Waluyo di Kantor PT. Pertamina Gas, Kamis (4/7/2024).

Audiensi ini sendiri bertujuan untuk mensinergikan dengan pihak-pihak terkait dalam pembangunan di Banyuasin.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Banyuasin, Hani S Rustam menyatakan dukungan atas kinerja PT. Pertagas dan pihaknya butuh sinergi dari mitra-mitra yang ada di Banyuasin.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banyuasin sedang melakukan penataan wajah Kota Pangkalan Balai untuk menunjukkan ciri khas Kota Pangkalan Balai.

“Kami melakukan upaya penataan dengan mulai membangun pedestrian untuk pejalan kaki, drainase yang terintegrasi dengan saluran pembuangan dalam kota serta penerangan jalan dalam kota di ruas jalan lintas timur atau jalan utama Kota Pangkalan Balai.

Di lokasi tersebut juga ada jalur pipa Pertamina Gas. Oleh sebab itu, pihaknya datang untuk bersama mensinergikan hal ini agar tidak mengganggu jalannya pembangunan baik di Pihak Pertamina Gas dan Pemkab Banyuasin.


Pemkab Banyuasin juga telah berkoordinasi dengan instansi pemerintah pusat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan dan juga Pertamina Gas Operation West Region. Selain itu juga, ada rencana terkait pengembangan Industri di wilayah Gasing, adanya kebutuhan supply gas di daerah tersebut.

Sementara itu, Sugi Waluyo  mengapresiasi kegiatan Pj Bupati ke perusahaannya. Masukan dari Pemkab Banyuasin akan disampaikan ke pusat dan siap menjembatani.

“Kami sangat mendukung dengan adanya pembangunan yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat. Semoga niat baik ini terwujud, ” ungkap Sugi.

Secara detil kondisi tahap pembangunan penataan kota oleh Kepala Dinas PUPR Banyuasin Apriansyah. Pembangunan ini dibagi menjadi 3 bagian, dimana STA 41.500 dan STA 53.200 yang nantinya akan dibangun tugu tapal batas Kota Pangkalan Balai lengkap dengan pedestrian serta lampu taman dan lampu penerangan jalan, kemudian pada STA 46.600 hingga STA 48.800 akan dibangun pedestrian, drainase yang terintegrasi dengan saluran dalam kota serta lampu penerangan jalan.

Untuk pembangunan pada posisi yang terdapat Pipa Pertagas hanya dilakukan penimbunan pada tempat-tempat yang berelevasi guna meratakan posisi pedestrian dan tidak akan dilakukan pekerjaan struktur dalam ataupun galian, mengingat pipa gas tersebut merupakan objek vital nasional.