BPDPKS-Kementan gelar pelatihan pengembangan SDM petani sawit di Sumsel

id sumsel,palembang,petani sawit ,bpdpks,kementan

BPDPKS-Kementan gelar pelatihan pengembangan SDM petani sawit di Sumsel

Pembukaan kegiatan pelatihan penguatan kelembagaan yang diselenggarakan oleh BPDPKS-Kementan di Palembang, Sumsel. ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Kementerian Pertanian memberikan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk petani kelapa sawit di Sumatera Selatan.

Kepala BBPMKP Kementan Yusral Tahir di Palembang, Sumsel, Minggu, mengatakan BPDPKS bersama Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementan dan 15 lembaga penyelenggara pelatihan, menyelenggarakan pelatihan dalam rangka pengembangan SDM petani sawit pada 2024 secara serempak dengan total peserta pelatihan sebanyak 6.437 orang.

"Untuk kegiatan pelatihan penguatan lembaga di Sumsel yang bersumber anggaran BPDPKS pada 2024, berlangsung selama 29 Juni hingga 9 Juli 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 77 petani sawit," katanya.

Ia menjelaskan tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kelembagaan pertanian dan penguatannya, pentingnya kemitraan usaha, kemampuan kepemimpinan kelembagaan, serta meningkatkan kemampuan pengelolaan ekonomi rumah tangga.

"Dalam pelatihan ini terdapat materi sebanyak 80 capaian pembelajaran (CP), terdiri dari 62 CP teori dan 12 CP praktik. Selama mengikuti pelatihan peserta didampingi praktisi dan fasilitator yang berkompeten di bidangnya," jelasnya.

Ia mengatakan para peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan tersebut diharapkan dapat membagikan informasi yang diterima kepada petani sawit lainnya yang ada di lingkungan mereka.

"Kami berharap untuk petani sawit ini ke depannya mempunyai kekuatan untuk menentukan harga jual sawit mereka, bukan dari penjual yang menentukan harganya," kata Yusral.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan dan Pembinaan SDM Dinas Perkebunan (Disbun) Sumsel Rica Oktavia mengatakan dengan adanya kegiatan itu diharapkan produktivitas dan kualitas sawit dapat semakin membaik daripada sebelumnya.