Disdukcapil OKU buka layanan aktivasi IKD di Taman Kota Baturaja

id Identitas kependudukan digital, Taman Kota Baturaja, Disdukcapil OKU,Disdukcapil OKU buka layanan aktivasi IKD,layanan a

Disdukcapil OKU buka layanan aktivasi IKD di Taman  Kota Baturaja

Petugas Disdukcapil OKU membantu masyarakat mengaktivasi IKD, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan membuka pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Taman Kota Baturaja untuk membantu percepatan transformasi digital yang terintegrasi lewat aplikasi.

Kepala Disdukcapil OKU Suryadi di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa pelayanan ini dibuka untuk membantu masyarakat beralih dari KTP elektronik ke IKD.

Dia menjelaskan, pelayanan ini dibuka sebagai salah satu langkah untuk mendorong masyarakat agar mengaktifkan IKD pada 2024.

"Pelayanan di Taman Kota Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU ini dibuka sejak pekan lalu hingga batas waktu yang belum ditentukan," katanya.

Perubahan identitas kependudukan dari fisik ke digital ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah dalam menyambut era digitalisasi.

Menurut dia, pelayanan untuk mengaktifkan KTP digital melalui telepon pintar sudah dilangsungkan sejak 2023 dengan target 30 persen penduduk di Kabupaten OKU memanfaatkan layanan tersebut pada tahun ini.