Kiat jaga mental anak selama mengikuti perjalanan mudik

id arus mudik,lebaran 2024,tips anak tidak rewel di perjalanan,kemenhub

Kiat jaga mental anak selama mengikuti perjalanan mudik

Arsip foto-Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasaraharja Munadi Herlambang (kanan) memberikan mainan ke sejumlah anak peserta Mudik Gratis BUMN 2023 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU

Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi membagikan kiat-kiat untuk menjaga mental anak tetap dalam kondisi prima selama mengikuti perjalanan mudik Lebaran 2024.

“Hal pertama yang harus kita pastikan adalah pastikan anak dalam keadaan fit untuk melakukan perjalanan jauh,” kata Vera saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menanggapi banyaknya anak yang akan mengikuti perjalanan mudik, Vera meminta setiap orang tua yang membawa anaknya mengikuti perjalanan jauh memperhatikan betul kenyamanan anak selama berkendara.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyiapkan barang-barang kebutuhan anak seperti mainan kesukaannya, obat-obatan yang diperlukan hingga bantal dan selimut yang menunjang perjalanan aman dari kondisi apapun.

Guna menunjang kenyamanan anak, orang tua juga sudah bisa mulai mempelajari dan mempertimbangkan dengan matang rute perjalanan seperti apa yang akan dipilih. Misalnya, jalanan yang akan dilewati, jenis moda transportasi yang dinaiki hingga waktu keberangkatannya.