Tahukan anda, ternyata gigitan nyamuk naik 2,5 kali lipat di cuaca panas

id kemenkes,dengue,aedes aedypti,demam berdarah,mudik 2024

Tahukan anda, ternyata gigitan nyamuk naik 2,5 kali lipat di cuaca panas

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi ketika menanggapi peningkatan kasus dengue di Indonesia usai menghadiri talkshow yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan bahwa gigitan nyamuk bakal meningkat 2,5 kali lipat saat cuaca panas dan kering.

“Nyamuk itu akan menggigit lebih sering, 2,5 kali lipat pada suhu 30 derajat ke atas, jadi dia akan lebih sering menggigit kalau suhunya tinggi,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi ketika ditemui ANTARA di Jakarta, Kamis.

Imran menuturkan meski tahun 2024 suhu cuaca cenderung lebih panas dibanding tahun sebelumnya, tingkat curah hujan terbilang cukup tinggi. Hal ini dikatakannya berbahaya bagi setiap orang karena meningkatkan keganasan nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah.



“Otomatis sarang nyamuknya makin banyak, nyamuknya tambah banyak dan semakin ganas,” ucap Imran.

Selain cuaca yang panas, nyatanya hujan yang tersebar secara tidak merata juga memperbanyak tempat perkembangbiakan nyamuk (breeding place) baik berupa genangan air atau air yang tertahan di suatu media hingga kualitanya menjadi kotor.