Polres OKU "serang" sarang nyamuk penyebar DBD

id Pengasapan nyamuk, demam berdarah dengue, pola 3M, Polres OKU

Polres OKU "serang" sarang nyamuk penyebar DBD

Aparat Polres OKU turut melakukan pengasapan nyamuk untuk mencegah penyebaran DBD, Jumat. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Personel Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan bersama Dinas Kesehatan setempat melakukan pengasapan atau fogging di daerah rawan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Jumat, mengatakan bahwa fogging dilakukan di Desa Marga Bhakti, Kecamatan Sinar Peninjauan guna menekan penyebaran DBD.

"Titik fokus pengasapan ini di 25 rumah di Desa Marga Bhakti setelah adanya warga setempat yang diduga terinfeksi DBD," katanya.

Untuk menekan penyebarannya, kata dia, Polres OKU turut serta menerjunkan personel guna membunuh nyamuk pembawa penyakit DBD dengan cara pengasapan.

Bhabinkamtibmas Polsek Sinar Peninjauan melakukan pengasapan di desa binaannya agar masyarakat terbebas dari DBD.

Dia menjelaskan, kegiatan pengasapan merupakan tindakan preventif untuk mencegah tersebarnya penyakit DBD di lingkungan wilayah binaan.

"Penyemprotan ini tidak hanya fokus dilakukan di sekitar rumah warga, namun juga di beberapa titik lokasi yang ada genangan air," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres kembali mengingatkan warga untuk tetap menerapkan pola 3M dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terhindar dari berbagai penyebaran penyakit, terutama DBD.

"Sosialisasi 3M ini turut kami lakukan melalui Bhabinkamtibmas di seluruh kecamatan agar masyarakat teredukasi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari supaya terhindar dari DBD," ujarnya.