Memahami fase perjalanan klinis DBD bantu selamatkan nyawa

id Dbd, infeksi dbd, demam berdarah dengue

Memahami fase perjalanan klinis DBD bantu selamatkan nyawa

Penyebaran nyamuk wolbachia telah dilakukan pilot project di Bontang, Kaltim sebagai upaya menurunkan kasus DBD di provinsi ini. (ANTARA/HO-Ist)

Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis penyakit dalam konsultan penyakit tropik infeksi dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta dr. Soroy Lardo Sp.PD KPTI FINASIM mengatakan masyarakat perlu memahami fase perjalanan klinis penyakit demam berdarah dengue agar infeksi virus tidak menyebabkan perubahan imunitas dan menyelamatkan nyawa pasien.

“Demam berdarah ini paling penting memahami fase perjalanan klinisnya, ada tiga fase, yaitu fase demam, fase kritis, dan fase recovery jadi masyarakat memahami kapan dia bisa kelola di rumah dan kapan harus dibawa berobat,” kata Soroy dalam wawancara tatap muka di Jakarta, Selasa.

Soroy mengatakan memahami tiga fase klinis demam berdarah penting agar orang tua tidak terlambat membawa anaknya berobat ke rumah sakit dan menurunkan angka kematian yang seringkali diakibatkan kurangnya pemahaman tentang demam berdarah dengue.

Tiga fase itu adalah fase pertama di mana pasien mengalami demam satu sampai tiga hari, pada saat ini kadar virus dalam darah cukup tinggi. Virus akan mengeluarkan zat ositokin yang mengaktivasi proses yang menyebabkan demam.

Pada fase ini metabolisme tubuh meningkat menyebabkan kebutuhan cairan menjadi sangat tinggi sehingga hidrasi sangat diperlukan dan pemberian obat penurun demam.