Polres OKU Timur kerahkan 160 personel pengamanan pleno Pemilu 2024

id Pleno KPU, Pemilu OKU Timur, Polres OKU Timur

Polres OKU Timur kerahkan 160 personel pengamanan pleno Pemilu 2024

KPU OKU Timur menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024, Jumat. ANTARA/Edo Purmana/24.

Martapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menyiagakan sebanyak 160 personel pengamanan rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten OKU Timur.

"Ada sebanyak 160 personel polisi yang kami siagakan untuk mengamankan pleno rekapitulasi di Hotel Parai, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur," kata Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono di Martapura, Jumat.

Dia mengatakan, ratusan personel tersebut disiagakan untuk memastikan proses rapat rekapitulasi dan penghitungan suara berjalan aman dan lancar.

Dalam pengamanan tersebut pihaknya membatasi hanya peserta yang memiliki akses khusus atau resmi yang diperbolehkan masuk ke lokasi pleno.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan proses pleno dapat melakukannya melalui live streaming yang disediakan.

Sebagai penanggung jawab kamtibmas, Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban dengan tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan.

"Para peserta pemilu dan tim pemenangan diminta untuk menjaga ketertiban sesuai aturan UU dan PKPU. Jika ada keberatan silahkan diajukan sesuai prosedur yang berlaku," tegasnya.

Sementara, Ketua KPU OKU Timur Denis Firmansyah menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten OKU Timur dilaksanakan mulai 1-3 Maret 2024.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam pleno mengingat sebagian besar sudah selesai saat pleno di tingkat PPK," katanya.

Hanya saja, lanjut dia, terdapat beberapa dinamika seperti sejumlah laporan yang masuk di Bawaslu OKU Timur terkait adanya peserta atau caleg yang belum puas dengan hasil pemilu.

"Sebisa mungkin masalah ini kami selesaikan direkapitulasi tingkat kabupaten ini," ujarnya.