Hipertensi salah satu pemicu kematian ibu hamil tertinggi

id hipertensi ,ibu hamil,pendarahan,kelahiran prematur

Hipertensi salah satu pemicu kematian ibu hamil tertinggi

Ilustrasi wanita hamil (ANTARA/Pexels/Cottonbro Studio)

Jakarta (ANTARA) - Dokter dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Agustina Nurmala mengatakan hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyumbang kematian ibu hamil tertinggi selain pendarahan dan infeksi.

"Terus, bahayanya apa sih, dok? Bahayanya itu satu, dia bisa kejang. Yang kedua adalah terjadinya persalinan prematur. Dan yang ketiga adalah bisa terjadinya komplikasi-komplikasi yang lain," ujar Agustina dalam "Penyebab Darah Tinggi pada Ibu Hamil, Ini yang Harus Dilakukan!" yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.

Komplikasi tersebut, kata dia, antara lain hambatan dalam pertumbuhan janin, sindrom, bahkan kematian.

Menurut Agustina, hipertensi saat mengandung tersebut ada dua yaitu karena ibu tersebut memang punya tekanan darah tinggi sebelum hamil atau mendapat penyakit tersebut saat hamil, yang juga dikenal sebagai hipertensi gestasional.

Hipertensi yang muncul saat hamil, lanjutnya, dapat terjadi karena sejumlah faktor seperti memang hipertensi pada awalnya atau ibu itu hamil pada masa-masa dengan risiko tinggi, misalnya di usia lebih dari 35 tahun.

Selain itu riwayat proses melahirkan secara sesar, diabetes mellitus, atau penyakit-penyakit tertentu.