KPU Palembang skrining ulang kesehatan petugas KPPS

id sumsel,kesiapan kpps,kpss palembang,pemilu 2024,kpu palembang

KPU Palembang skrining ulang kesehatan petugas KPPS

Ketua KPU Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Syawaludin. (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan skrining ulang kesehatan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebagai persiapan pelaksanaan Pemilu,  14 Februari 2024.

Ketua KPU Palembang Syawaludin saat diwawancarai di Palembang, Jumat, mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan skrining ulang kesehatan terhadap para petugas KPPS untuk mengetahui tingkatan risiko kesehatan mereka.

Ia menjelaskan hasil dari skrining yang dilakukan akan dibagi menjadi tiga kategori risiko, yaitu rendah, sedang, dan tinggi.  

"Saat mendaftar menjadi petugas KPPS itu syarat pertama melalui tes kesehatan di puskesmas dengan tiga kategori penyakit, yaitu kolestrol, gula darah, dan tensi darah. Di skrining ulang untuk mengetahui tingkatan tiga syarat penyakit ini dalam tingkatan kategori risiko," jelasnya.

Dengan skrining ulang kesehatan, katanya, diharapkan petugas KPPS dapat bekerja dengan kondisi kesehatan yang prima dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemilih saat hari pencoblosan.

Kemudian, skrining ulang kesehatan itu juga bertujuan untuk mengetahui apakah para petugas KPPS ini sudah terdaftar ke BPJS atau tidak.

"Apabila ada petugas KPPS ini belum terdaftar ke dalam BPJS, maka akan kami segera daftarkan ke dalam BPJS," ujarnya.

Syawaludin juga mengimbau seluruh jajaran KPPS di wilayah itu untuk selalu menjaga kesehatan mengingat saat ini sedang memasuki musim hujan yang dapat menpengaruhi kondisi kesehatan.

"Kami mengimbau para petugas untuk selalu menjaga kesehatan, serta selalu membaca dan memahami baiki Peraturan KPU (PKPU) ataupun Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024," kata dia.