Pemkot Palembang imbau warga tak belanja berlebihan di akhir tahun

id NATAL,Ratu Dewa ,Sembako ,Kebutuhan pokok

Pemkot Palembang imbau warga tak belanja berlebihan di akhir tahun

Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa (ANTARA/HO- Diskominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palembang mengimbau warga kota itu tidak berbelanja kebutuhan pangan berlebihan para momen akhir tahun terkait Hari Natal dan Tahun Baru 2024 karena kebutuhan pokok aman dan mencukupi.

"Kami meminta warga Palembang tidak perlu berbelanja berlebihan," kata Penjabat Wali Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Selasa.

Pemkot Palembang menjamin keamanan ketersediaan stok kebutuhan pangan pada akhir tahun di wilayah itu.

Wali kota menyebutkan pemerintah kota itu  telah berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Perdagangan Kota Palembang terkait ketersediaan kebutuhan pangan itu.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tidak berbelanja berlebihan karena sudah diantisipasi stok pangan selama beberapa bulan ke depan.
 
Kendati stok kebutuhan sembako aman, ia juga memerintahkan Dinas Perdagangan Kota Palembang untuk tetap mengantisipasi kenaikan harga pangan.
 
Sementara itu, pantauan ANTARA di beberapa pasar tradisional di Kota Palembang hingga saat ini stok kebutuhan pokok  di pasar tersebut belum kekurangan kebutuhan pokok masih terbilang aman dan belum mengalami kenaikan harga yang signifikan.
 
"Untuk kebutuhan pangan sejauh ini masih aman, harga juga belum mengalami naik yang signifikan," kata Herman seorang pedagang di Pasar Kertapati Palembang.
 
Ia menerangkan bahwa untuk harga beras SPH 5 kilogram masih normal di angka Rp 65 ribu, kemudian minyak sayur Rp 17 ribu per liter, sementara telur seharga Rp. 28 ribu perkilogramnya.
 
Menurutnya ketiga harga bahan pokok itu biasanya mengalami kenaikan ketika menjelang momen natal dan tahun baru. Namun ia berharap kali ini perkembangan harganya tidak terlalu menonjol..