Kota Palembang maksimalkan peran duta gemar makan ikan

id Pemkot Palembang, duta gemar ikan, gemar ikan, konsumsi ikan, tingkatkan konsumsi, ikan,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi

Kota  Palembang maksimalkan peran duta gemar makan ikan

Suasana pasar ikan di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang berupaya memaksimalkan duta gemar ikan untuk melalukan sosialisasi mengenai pentingnya mengonsumsi ikan kepada masyarakat di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

Dengan gencarnya sosialisasi diharapkan meningkatkan kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan yang meningkatkan tingkat konsumsi ikan yang beberapa tahun terakhir tergolong cukup tinggi sesuai dengan tingkat konsumsi ikan nasional, kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan tingkat konsumsi ikan di kota yang dikenal dengan makanan khas pempek itu terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Tingkat konsumsi ikan di Palembang pada 2023 ini 54 kilogram per kapita per tahun meningkat dari beberapa tahun sebelumnya yang hanya 44 kg per kapita/tahun," ujarnya.

Untuk mempertahankan tingkat konsumsi ikan tersebut bahkan meningkat lebih tinggi, pada tahun ini lebih digalakkan lagi kegiatan sosialisasi atau kampanye gemar makan ikan.

Duta gemar ikan bersama tim Dinas Perikanan Palembang didorong untuk turun ke kawasan permukiman penduduk di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan untuk memberikan penjelasan mengenai manfaat makan ikan.

Duta gemar makan ikan diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kandungan nutrisi ikan serta manfaat makan ikan yang kaya protein dan mineral penting bagi kesehatan.

"Asam lemak Omega 3 dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah," ujar Fitrianti.

Kemudian, pihaknya juga berupaya meningkatkan produksi ikan untuk mengimbangi tingginya konsumsi ikan masyarakat kota setempat.

Peningkatan konsumsi ikan jika tidak diimbangi dengan peningkatan produksi, bisa menimbulkan masalah karena harganya akan mengalami kenaikan yang tinggi dan bisa mengakibatkan warga mengurangi makan ikan, kata Wawako Palembang.

Sementara Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang Romli menjelaskan bahwa
makan ikan memiliki manfaat luar biasa dalam memenuhi kebutuhan protein hewani dalam tubuh.

Mengonsumsi ikan juga dapat menekan angka stunting pada anak-anak, hal ini perlu dijelaskan kepada masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki anak balita sehingga dapat mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting pada 2024 secara nasional menjadi 14 persen.

Melihat besarnya manfaat mengonsumsi ikan, akhir-akhir ini pihaknya lebih gencar melakukan sosialisasi mengenai pentingnya konsumsi ikan ini kepada masyarakat bersama duta gemar ikan, ujar Romli.*