PT BMH gelar pelatihan pandai besi, berdayakan warga Ogan Komering Ilir

id PT BMH,APP Sinar Mas

PT BMH gelar pelatihan pandai besi, berdayakan warga Ogan Komering Ilir

Warga Desa Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mengikuti pelatihan pandai besi yang diselenggarakan PT Bumi Mekar Hijau, 20 -25 September 2022. (ANTARA/HO-PT BMH)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan hutan tanaman industri mitra APP Sinar Mas PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH) menggelar pelatihan pandai besi bagi masyarakat Desa Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, 20 -25 September 2022.

Pelatihan untuk menciptakan lapangan kerja ini diberikan ke desa binaan PT BMH tersebut dengan menggandeng Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Provinsi Sumatera Selatan.

Perwakilan PT BMH Muhammad Rozi mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendorong masyarakat mandiri melalui program CSR perusahaan.

Peserta dilatih untuk membuat peralatan operasional tanam PT BMH seperti parang, alat tugal pransplenter, baling-baling ketinting dan lainnya.

Di samping diberi bantuan modal peralatan kerja dan material bahan baku, perusahaan juga membantu pemasaran hasil kerajinan pandai besi, antara lain untuk memenuhi kebutuhan peralatan penanaman PT BMH.

“Dengan adanya pelatihan pandai besi ini akan menciptakan lapangan kerja,” kata Rozi.

Pelatihan yang dilaksanakan selama enam hari ini diikuti oleh lima peserta dari perwakilan masyarakat Sungai Ceper dan dua peserta dari Babinsa Kodim 0402/OKI-OI.

Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol Inf. Hendra Saputra mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan oleh PT BMH.

“Kami berterima kasih kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan pelatihan ini bagi anggota Babinsa dan warga,” ujar Hendra.

Hendra mengatakan pelatihan pandai besi ini merupakan wujud nyata perhatian PT BMH kepada masyarakat desa.

Bagi Babinsa, dengan mengikuti pelatihan ini maka ilmu keterampilan yang didapat dapat diajarkan atau ditularkan kepada masyarakat desa.

“Semoga kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat desa ini dapat dilakukan berkesinambungan,” kata Hendra.

Salah seorang peserta pelatihan warga Desa Sungai Ceper, Daman, juga menyampaikan terima kasih kepada PT BMH karena mendapatkan keterampilan baru dari pelatihan ini.

Ia menjelaskan selama pelatihan ini diajarkan berbagai teknik pembuatan kerajinan pandai besi hingga mengunjungi langsung pengrajin pandai besi.

“Saya berharap dapat membuka lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan penghasilan warga desa,” kata dia.

Perwakilan Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Provinsi Sumatera Selatan Fahris menjelaskan bagi perusahaan yang ingin melaksanakan kegiatan pelatihan seperti ini maka bisa mengajukan kepada Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan sesuai klasifikasi pelatihan yang diinginkan.

Fahris mengatakan pelatihan pandai besi yang diselenggarakan oleh PT BMH ini baik untuk pemberdayaan masyarakat.

“Setidaknya perusahaan tidak perlu jauh-jauh lagi memenuhi kebutuhannya, cukup memberdayakan masyarakat setempat yang sudah dibekali keterampilan seperti kerajinan pandai besi ini,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022