Pemkot Palembang imbau warga tidak dirikan bangunan di atas drainase

id Bongkar bangunan di Drainase,Pemkot Palembang,bangunan di atas drainase,drainase,berita palembang,bangunan

Pemkot Palembang imbau warga tidak dirikan bangunan di atas drainase

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari Yusak saat dibincangi terkait penanggulangan banjir (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga setempat untuk tidak mendirikan bangunan di atas drainase bila tak ingin terkena pembongkaran oleh petugas.

Kepala Dinas PUPR Palembang Ahmad Bastari Yusak di Palembang, Kamis, mengatakan imbauan ini disampaikan karena pemerintah Kota Palembang telah membentuk tim khusus yang mengurusi terkait pembongkaran setiap bangunan di saluran drainase.

Tim pembongkaran itu beranggotakan Dinas Kebersihan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kodim, Camat/Kelurahan dan relawan masyarakat.

“Tim dibentuk guna menjalankan tugas normalisasi drainase untuk mencegah banjir,” kata dia.

Baca juga: BBPJN Sumsel realisasikan program Padat Karya Tunai, revitalisasi drainase 150 km

Menurutnya, pembongkaran menyasar setiap bangunan berkonstruksi beton, kayu atau semacamnya yang telah menutupi saluran drainase.

Hal demikian harus menjadi perhatian dari semua pihak sebab, kata dia, keberadaan bangunan di atas drainase tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Palembang yang belum teratasi secara maksimal.

“Per Juli ini sudah 200 unit bangunan yang dibongkar, terus kami lakukan upaya ini dengan catatan tentunya, tim melakukannya secara humanis kepada masyarakat untuk melakukan pembongkaran ini,” kata dia.

Ia menjelaskan selain pembongkaran bangunan, Pemkot Palembang bersama Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) juga tengah melakukan normalisasi sungai, dan menyiapkan pembangunan kolam retensi di beberapa wilayah resapan air untuk mengatasi masalah banjir.

“Upaya pemerintah ini harapannya tidak ada artinya bila tanpa adanya dorongan positif dari masyarakat dalam menyelesaikan masalah banjir di Palembang yang ditargetkan selesai pada 2030,” tandasnya.
Baca juga: Drainase Jalintim Palembang-Betung segera dibangun atas kesepakatan
Baca juga: BPBD Sumatera Selatan minta pemda benahi drainase untuk tekan risiko banjir