Dinsos Kabupaten OKU distribusikan ribuan KKS

id Pendistribusian kartu, Kartu Keluarga Sejahtera, Keluarga Penerima Manfaat, Dinas Sosial, Bank Mandiri

Dinsos Kabupaten OKU distribusikan ribuan KKS

Dinas Sosial Kabupaten OKU bersama Bank Mandiri Cabang Baturaja mendistribusikan KKS kepada KPM di dua kecamatan, Kamis (25/11/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan bersama Bank Mandiri Baturaja mendistribusikan ribuan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU) M. Kholik di Baturaja, Kamis (25/11) mengatakan pendistribusian KKS secara bertahap kepada masyarakat di 13 kecamatan di kabupaten itu.

Untuk pembagian kartu kali ini diperuntukkan masyarakat di dua kecamatan, meliputi Kecamatan Baturaja Barat dan Sosoh Buay Rayap sebagai penerima bantuan sosial. Tercatat 967 KPM di Kecamatan Baturaja Barat dan 363 KPM di Sosoh Buay Rayap menerima kartu tersebut.

"Totalnya ada 1.330 yang menerima kartu KKS di dua kecamatan itu," ujarnya.

Secara keseluruhan pihaknya telah menyalurkan 7.642 KKS kepada KPM di 13 kecamatan di Kabupaten OKU sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat. Dia menjelaskan KKS adalah program pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat miskin guna meringankan kebutuhan sehari-hari.

Program ini diberikan kepada penerima manfaat untuk mengakses bahan pangan melalui Kartu Keluarga Sejahtera sebagai instrumen pembayaran yang memiliki fitur tabungan atau uang elektronik yang dapat digunakan sebagai media penyaluran bantuan sosial.

"Besaran bantuan yang diterima setiap KPM yaitu Rp200.000 per bulan dan saat ini bansos sudah mulai disalurkan kepada pemegang kartu tersebut," katanya.

Para penerima KKS ini, lanjut dia, dapat mencairkan dana bantuan tersebut dalam bentuk sembako sesuai kebutuhan di e-Warong yang telah ditunjuk oleh Bank Mandiri dengan membawa kartu tersebut.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021