Bangka Tengah pasang fiber optik sepanjang 24 kilometer

id Pemkab bateng bangun jaringan fiber optik,Pemkab Bangka Tengah pasang fiber optik,pasang fiber optik sepanjang 24 kilome

Bangka Tengah pasang fiber optik sepanjang 24 kilometer

Peluncuran program internet desa di Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah, Kamis (8/4) (ANTARA/ahmadi)

Koba, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memasang jaringan fiber optik (FO) sepanjang 24 kilometer di Kecamatan Sungaiselan, guna mempermudah warga mendapatkan informasi terkait program pemerintah daerah melalui akses internet.

"Saat ini sudah terpasang infrastruktur FO sepanjang 24 kilometer dengan titik utama di Dusun Pangkalraya yang bekerja sama dengan PT Indonesia Comnets Plus," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah, Erwin David di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pemasangan FO tersebut sepenuhnya diserahkan kepada PT Indonesia Comnets Plus tanpa dibebankan biaya kepada pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah tidak ada beban anggaran untuk pembangunan FO tersebut, ini bentuk kontribusi pihak perusahaan saja dalam rangka mendukung program internet desa," ujarnya.

Ia menjelaskan, seluruh masyarakat Sungaiselan sudah bisa mengakses internet tanpa hambatan untuk mendapatkan beragam informasi terkait dengan program pemerintah daerah.

"Bahkan khusus di SDN 21 dan SMPN 3 Sungaiselan diberikan fasilitas layanan internet gratis untuk mendukung kegiatan belajar mengajar," ujarnya.

Namun, kata dia, masyarakat umum juga bisa mendapatkan akses internet gratis di dua lembaga pendidikan tersebut.

"Internet gratis bisa didapatkan di SDN 21 dan SMPN 3 Sungaiselan, kalau diluar itu akses internet masih tetap berbayar. Namun setidaknya masyarakat sudah bisa terlayani jaringan internet hingga ke pelosok di Kecamatan Sungaiselan," ujarnya.

Ia juga mengatakan, ke depan pemerintah daerah menargetkan seluruh pelosok desa sudah terlayani jaringan internet tanpa hambatan.

"Pak bupati ingin setiap desa ada rumah internet gratis, tentu ini kita tindak lanjuti dan dikomunikasikan dengan PT Indonesia Comnets Plus untuk progres dan teknisnya," ujarnya.