Personel TNI AL Palembang fokus amankan perairan Sungai Musi

id lanal,lanal palembang,tni al

Personel TNI AL Palembang fokus amankan perairan Sungai Musi

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III/Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto melantik Kolonel Laut (P) Filda Malari menjadi Komandan Pangkalan TNI AL di Palembang, Jumat (17/7). (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Personel TNI AL Palembang fokus pada pengamanan perairan di Sungai Musi karena menjadi jalur peredaran narkoba antarprovinsi.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III/Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto mengatakan Provinsi Sumsel menjadi daerah yang menjadi titik rawan penyelundupan narkoba melalui jalur perairan Sungai Musi.

Rawannya Sungai Musi sebagai jalur penyeludupan narkoba, membuat Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang memberikan atensi khusus untuk meningkatkan pengamanan di wilayah perairan.

“Berdasarkan data kita terima di lapangan Sumsel daerah rawan penyelundupan narkoba. Di sini tempat singgah dan bisa jadi pasar peredarannya,” ujarnya, usai memimpin serah terima jabatan Kolonel Laut (P) Filda Malari sebagai Danlanal Palembang menggantikan Kolonel Laut (P) Saryanto, Jumat (17/7).

Ia mengatakan, pengedar narkoba ini mendapatkan pasokan dari wilayah Ibu Kota Jakarta.

Untuk melakukan pengamanan di wilayah Lanal Palembang, pihaknya akan menambah kapal patroli untuk melakukan pengamanan.

“Tentu pimpinan Angkatan Laut akan menambah kapal patroli untuk pengamanan, wilayah Lanal Palembang ini luas sampai ke Jambi,” kata Hermanto.

Di sisi lain, ia mengaku serah terima jabatan di TNI Angkatan Laut merupakan hal biasa. Meski di masa pandemi COVID-19, serah terima jabatan tetap dilakukan secara langsung di markas Lanal Palembang namun tetap menerapkan protokol kesehatan.