Lanal Palembang dirikan Kampung Bahari Nusantara di Banyuasin

id Lanal Palembang, bentuk kampung kbn, Bahari Nusantara, kampung bahari, bahari,Burung Siberia,Burung,Sinergisitas,Pj Bupa

Lanal Palembang dirikan Kampung Bahari Nusantara di Banyuasin

Lanal Palembang saat bersilaturahim dengan Pemkab Banyuasin untuk koordinasi peresmian Kampung Bahari Nusantara (ANTARA/HO/23).

Palembang (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang membentuk 'Kampung Bahari Nusantara' di Desa Sungsang II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

"Pembentukan Kampung Bahari Nusantara itu sebagai upaya pembinaan ketahanan wilayah bahari atau bintahwil bahari di wilayah perairan dan laut kabupaten tersebut," kata Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut Sandy Kurniawan di Palembang, Rabu.

Menurut dia, bintahwil bahari merupakan bagian dari pembinaan potensi maritim yang diarahkan untuk penyiapan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan ketahanan terutama aspek laut.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas TNI AL dalam rangka pembinaan pemberdayaan wilayah ketahanan laut guna menyiapkan segala potensi nasional untuk mendukung sistem ketahanan rakyat semesta.

"Untuk menyemarakkan pembentukan Kampung Bahari Nusantara itu, dijadwalkan peresmian pada 1 Desember 2023 oleh Pj Bupati Banyuasin Hani S. Rustam," katanya.

Dia menjelaskan, TNI AL siap mendukung kegiatan karya bakti di wilayah perairan dan laut dalam wilayah Kabupaten Banyuasin dan Sumsel secara umum.

"Terkait sinergisitas yang selama ini sudah terjalin dengan baik, melalui kunjungan silaturahim itu
dapat memperkuat koordinasi dalam meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI AL khususnya Lanal Palembang," kata Kolonel Laut Sandy.

Sementara Pj Bupati Banyuasin Hani S. Rustam menambahkan ada potensi kemaritiman di kabupaten setempat yakni Taman Nasional Sembilang dengan potensi Migrasi Burung Migran atau Burung Siberia yang akan berkumpul di Taman Nasional Sembilang setiap tahunnya.

"Dengan potensi tersebut merupakan awal sinergisitas antara Pemkab Banyuasin dengan Lanal Palembang dalam menarik wisatawan mancanegara untuk singgah di kabupaten setempat," kata Pj Bupati Banyuasin.