Artis ibu kota kumpulkan dana Rp4 miliar lebih, Jokowi apresiasi Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia

id Presiden Jokowi,konser jaga bersama indonesia, covid-19,konser solidaritas,jokowi

Artis ibu kota kumpulkan dana Rp4 miliar lebih, Jokowi apresiasi Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia

Presiden Jokowi ikut meriahkan Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia. (Birkom Kemenparekraf)

Saya yakin setelah masa pandemi COVID-19 ini berakhir akan semakin banyak inovasi dan karya-karya yang akan bersinar. Mari bersama jaga Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo turut memeriahkan dan mengapresiasi Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia yang digelar secara virtual sebagai upaya menumbuhkan solidaritas dan menggalang donasi untuk mereka yang terdampak COVID-19.

"Semoga acara ini bisa menginspirasi banyak orang dan mempererat rasa persatuan kita," kata Joko Widodo (Jokowi) secara virtual pada Sabtu malam.

Acara yang disiarkan secara langsung di enam stasiun televisi swasta yakni RCTI, SCTV, Net TV, Trans 7, ANTV, dan Kompas TV itu menghadirkan puluhan artis ibu kota ini berhasil mengumpulkan dana senilai Rp 4.017.217.884 yang nantinya akan disalurkan untuk membantu tenaga kesehatan yang berjuang menghadapi pandemi COVID-19, serta para pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

Presiden Joko Widodo juga turut menyambut baik digelarnya acara ini dan mengapresiasi semua pihak yang telah berinisiatif untuk bahu-membahu, saling membantu, dan menunjukkan rasa solidaritas seperti yang ditampilkan dalam konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia.

Presiden mengajak masyarakat untuk terus berinovasi dan berkreasi di tengah keterbatasan pandemi ini dan saling mendukung dengan mencintai karya anak bangsa, bangga dengan buatan Indonesia dan beli buatan Indonesia.

Baca juga: Duo musisi jazz Indra Lesmana & Dewa Budjana gelar konser virtual

Baca juga: Band Queen tayangkan konser tribute Freddie Mercury untuk galang dana


"Saya yakin setelah masa pandemi COVID-19 ini berakhir akan semakin banyak inovasi dan karya-karya yang akan bersinar. Mari bersama jaga Indonesia," kata Joko Widodo.

Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia diinisiasi Komunitas Bersama Jaga Indonesia dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Konser berlangsung selama dua jam mulai pukul 20.00 WIB dan dibuka dengan pemutaran video "Bersama Jaga Indonesia" yang mengajak masyarakat untuk menjaga Indonesia dengan disiplin membantu memutus penyebaran COVID-19 dan tidak patah semangat bagi yang terdampak.

Acara kemudian berlanjut dengan dipandu Andhika Pratama dan Gading Marten sebagai pembawa acara. Selama acara, keduanya tidak hentinya mengajak masyarakat untuk terus berdonasi membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga tenaga medis.

Adapun artis yang tampil diantaranya Erwin Gutawa Orchestra, Yovie Widianto, GIGI, Radja, Rossa, Andien, Via Vallen, Inul Daratista, Dira Sugandi, Yura Yunita, Tompi, Sandhy Sondoro, Iwa K, Afgan, Rizky Febian, Arsy Widianto, Rizki & Ridho, Andre Taulany, Sule, Andhika Pratama, Gading Marten, Baim Wong, Maia Estianty, dan lainnya.

Penggalangan donasi masih akan terus dibuka melalui kitabisa.com/konserjagaindonesia dan benihbaik.com/campaign/bersamajagaindonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf akan terus berupaya menjalankan mitigasi atas dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif seperti arahan Presiden Joko Widodo.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. Dengan semangat bersama dan solidaritas, kita bisa bersama-sama menghadapi pandemi ini dan menjadi lebih baik lagi kedepannya," kata Wishnutama.

Baca juga: Sebelum meninggal, ternyata Didi Kempot sempat konser amal COVID-19