Bila anda ingin membuat kentang tumbuk seenak di restoran, ini resepnya

id kentang,resep,kuliner

Bila anda ingin membuat kentang tumbuk seenak di restoran, ini resepnya

Kentang tumbuk (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Kentang tumbuk tampaknya sederhana dan mudah dibuat, cukup merebus kentang dan menumbuknya sehingga halus. Tapi bila Anda ingin membuat kentang tumbuk yang seenak restoran, tak ada salahnya mencoba beberapa resep di bawah ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

Kentang tumbuk sederhana

Rebus 1 kg kentang yang sudah dipotong dadu dalam air yang sudah ditaburi garam. Rebus hingga 15 menit dan lembek. Buang airnya, masukkan kentang ke wadah lain, campur dengan dua sendok makan butter leleh dan segelas susu. Tumbuk dan campur semuanya hingga merata, tambahkan lada dan garam.

Kentang tumbuk dengan krim dan mentega

Tyler Florence punya resep kentang tumbuk dengan krim dan mentega. Bahan-bahan ini dipakai untuk merebus kentang sehingga rasanya lebih gurih.

Rebus kentang dalam campuran krim, mentega, minyak zaitun, bawang putih dan rempah lain seperti sage dan thyme. Sisa kentang disaring hingga halus, baru dicampurkan ke dalam kentang yang telah dimasak dengan mentega dan krim.

Kentang tumbuk bergaya Italia

Keju parmesan, mozzarella jadi bahan tambahan yang membuat kentang tumbuk ala Giada De Laurentiis jadi lebih terasa khas Italia. Tambahkan dengan tepung roti sebagai topping sebelum dimasak di oven sehingga bagian luarnya terasa renyah.

Panaskan oven menjadi 200 derajat Celcius, lapisi wadah dengan mentega.

Rebus 2 kg kentang di air yang sudah ditambahkan garam hingga empuk. Sisihkan, buang airnya. Hancurkan kentang. Campur dengan segelas susu dan 1/2 gelas mentega cair. Tambahkan dengan garam dan lada hitam.

Masukkan 1,5 gelas parutan keju mozzarella dan 3/4 gelas parmesan parut. Masukkan adonan ke wadah yang sudah disediakan. Campur 2 sdm remah roti dengan 1/4 gelas parutan parmesan, taburkan ke atas kentang tumbuk. Tutup dan dinginkan. Buka penutup, panggang di oven selama 20 menit hingga bagian atasnya menjadi cokelat keemasan.

Kentang tumbuk dengan bawang putih

Pencinta bawang putih bisa mencoba resep yang satu ini. Rebus kentang hingga lembek, lalu rebus enam siung bawang putih yang sudah digeprek hingga hancur dalam dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dalam api sedang. Tumbuk kentang, bawang putih dan parutan keju parmesan.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar