Bangka Belitung penghasil diaspora terbesar di Indonesia

id diapora,pulau bangka sejarawan,museum timah

Bangka Belitung penghasil diaspora terbesar di Indonesia

Prof. Dr. Bambang Purwanto, M.A. (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Sejarawan terkemuka Indonesia Bambang Purwanto menyebutkan Bangka Belitung penghasil diaspora atau perantau yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan dunia.

"Orang Bangka Belitung yang menjadi diaspora sangat luar biasa dan mereka itulah yang dipanggil pulang untuk melihat museum di Pulau Bangka ini," kata Bambang Purwanto di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia, dalam meningkatkan dan menghidupkan Museum Timah Indonesia di Pulau Bangka, pemerintah daerah harus memanggil pulang diaspora yang masih berada di Indonesia mau luar negeri.

"Diaspora ini adalah satu pengunjung potensial museum sejarah pertimahan ini. Dia, isteri, anak, cucunya tentu akan tertarik untuk melihat museum ini," ujarnya.

Ia mengatakan pada kunjungan dia menggunakan berbahasa Bangka. Bahkan, satu dari 50 orang Bangka tersebut merupakan salah seorang profesor bidang kedokteran yang sangat terkenal di Amsterdam.

"Kita bisa membayangkan, kalau empat orang dikali 50 orang diaspora bersama keluarganya, maka sudah ada 200 orang yang menjadi pengunjung potensial mengunjungi museum di daerah ini," katanya.

Oleh karena itu, museum harus mampu merengkuh pengunjung potensial yang lebih luas dan beragam yang berbasiskan komplek demografi dari masyarakat yang ada di saat ini.

"Kita harus bisa memperkenalkan museum, tetapi untuk balita dan di tempat lain sudah bergerak sangat luar biasa sekali," katanya.*