S1 PG-PAUD ULM Indonesia menuju akreditasi ASEAN

id Universitas Lambung Mangkurat, ULM,Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD,PG-PAUD FKIP)

S1 PG-PAUD ULM Indonesia menuju akreditasi ASEAN

Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra menyerahkan bonus uang pembinaan Rp 25 juta untuk prodi akreditasi A.(Antara/foto/firman)

Banjarmasin (ANTARA) - Program Sarjana (S1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terus berupaya meningkatkan kualitas mereka, setelah berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) maka program pencetak guru pra-sekolah itu dipersiapkan menuju akreditasi ASEAN.

Ketua Program Pendidikan Guru Pra dan Sekolah Dasar (PG-PSD) FKIP ULM Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD di Banjarmasin, Jumat, mengatakan saat ini pihaknya menata kembali berbagai hal terkait 9 standar yang ditetapkan BAN-PT supaya keunggulan tersebut bisa dipertahankan dan dipertanggungjwabkan.

Jika itu sudah didapat, maka akreditasi internasional jadi target berikutnya untuk segera direalisasikan.

"Saat ini program studi (prodi) kita satu-satunya prodi PG-PAUD di Kalimantan yang mendapatkan akreditasi A. Tentu ini jadi prestasi sendiri dan membanggakan bagi universitas," tambahnya.

Akreditasi tingkat ASEAN, yakni ASEAN University Network (AUN) diharapkan Pak Sur, begitu biasa Ahmad Suriansyah disapa, dapat diraih sehingga berdampak besar untuk peningkatan kualitas prodi yang dipimpinnya.

"Tentunya lulusan dari sebuah prodi terakreditasi internasional, jadi gengsi tersendiri saat terjun di dunia kerja," ucapnya.


Sementara raihan akreditasi A oleh PG-PAUD tersebut mendapat apresiasi baik dari universitas maupun fakultas.

Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra menyerahkan bonus uang pembinaan Rp 25 juta serta Dekan FKIP Prof Wahyu memberikan Rp 5 juta serta sebuah laptop.

Saat ini di ULM sudah ada 23 program studi akreditasi A. Institusi ULM yang sudah unggul pun, menginginkan agar dapat menyelenggarakan pendidikan berkualitas melalui prodi-prodi yang terakreditasi unggul juga.

Sehingga rektor terus mendorong agar semakin banyak prodi terakreditasi A sebagai pengakuan dari kualitas perkuliahan yang dijalankan.