274 orang warga binaan Rutan Baturaja gunakan hak pilih

id pencoblosan di rutan,rutan baturaja,warga binaan nyoblos,pemilu di rutan,pemilu 2019,pilpres,narapidana,napi

274 orang warga binaan Rutan Baturaja gunakan hak pilih

Arsipi - Petugas Lapas mengawasi warga binaan Rutan Pakjo Palembang yang melakukan pencoblosan. (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 274 warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggunakan hak pilihnya  di TPS 18 Air Paoh wilayah setempat.

Kepala Rutan Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto di Baturaja, Rabu, mengatakan bahwa meskipun sedang menjalani hukuman, namun ratusan orang WBP Rutan Baturaja mendapat kesempatan yang sama untuk menyalurkan hak suara pada Pemilihan Umum serentak 2019. "Totalnya ada 247 WBP termasuk pegawai Rutan Baturaja yang mencoblos di TPS 18 Air Paoh hari ini," katanya.

Dia mengemukakan sejauh ini proses pemungutan suara di TPS 18 Air Paoh Rutan Baturaja berjalan aman dan lancar hanya terdapat sedikit kendala yaitu kekurangan dua lembar surat suara untuk Calon Presiden RI, sedangkan untuk surat suara legislatif semuanya lengkap.

Kekurangan surat suara tersebut baru diketahui setelah petugas KPPS membuka surat suara sebelum proses pencoblosan dimulai yang disaksikan oleh saksi, panwas dan petugas KPPS di TPS setempat.

"Kekurangan ini sudah dilaporkan dan masih dalam proses. Mudah-mudahan bisa berjalan aman lancar dan kodusif," harapnya.

Pada kesempatan itu juga Herdianto berharap pada pemilu yang akan datang seluruh WBP baik narapidana maupun tahanan yang ada di Rutan Baturaja bisa memilih dan menyalurkan hak suaranya.

"Sebab di Rutan Baturaja isinya ada 490 WBP, namun yang berhak memilih hanya 247 orang WBP termasuk pegawai rutan sehingga sangat disayangkan masih banyak yang belum bisa menyalurkan hak pilihnya mengingat di sini hampir 99 persen warga OKU," ujarnya.