BSB salurkan dana talangan Rp50 miliar BPJS Kesehatan

id Bank Pembangunan Daerah,bpjs kesehatan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini

BSB salurkan dana talangan Rp50 miliar BPJS Kesehatan

Dokumentasi- Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan pelayanan kepada peserta BPJS. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sumsel Babel (BSB) menargetkan penyaluran dana talangan Rp50 miliar pada tahun pertama kerja sama dengan rumah sakit mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur Pemasaran BSB Antonius Prabowo Argo di Palembang, Rabu, mengatakan dana talangan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Fasilitas Kesehatan (Faskes) atau rumah sakit mitra BPJS yang ada di Sumsel dan Bangka Belitung.

Pada acara penandatanganan MoU antara BSB dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Wilayah Sumatra Selatandi Kantor Pusat BSB Jakabaring, ia mengatakan rumah sakit bisa meningkatkan kelancaran arus kas (cash flow) faskes dan mitra BPJS sehingga fasilitas istimewa untuk kesehatan tersebut mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. 

Dana talangan ini dapat mengatasi persoalan telat bayar dari BPJS Kesehatan ke mitra (rumah sakit).

Dana talangan tersebut, jelas Antonius dijadikan BSB sebagai portofolio kredit bank dengan besaran bunga 9,25 persen per tahun atau bila dibagi ke dalam hitungan bulan bunga yang ditawarkan berada di bawah angka 1 persen.

Jika dihitung per bulan maka bunga kreditnya hanya 0,97 persen. Plafon kredit yang kami berikan sebesar 80 persen dari total tagihan BPJS yang diterima rumah sakit," kata dia.

Jangka waktu pembayaran kredit bank daerah ini menetapkan waktu selama 180 hari kerja atau sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

BSB akan memberikan masa pembayaran selama enam bulan dan jangka waktu itu bisa diperpanjang.