Muba miliki jumputan gunakan pewarnaan getah gambir

id jumputan, getah gambir,kain jumputan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Dokumentasi- Kain Pelangi Jumputan dan kerajinan Songket khas Palembang di rumah kreatif BUMN. (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan memiliki kain jumputan khas yang menarik karena pewarnaannya menggunakan getah gambir.

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia usai kunjungan kerja ke daerah di Palembang, Sabtu mengatakan, pihaknya mengunjungi kabupaten Musi Banyuasin dan di daerah itu ada kain jumputan khas daerah yang cukup menarik, karena

pewarnaanya menggunakan getah gambir (gampo Muba)," ujar dia.

Oleh karena itu Febrita mengapresiasi dan mendukung PKK Musi Banyuasin yang telah berhasil menciptakan jumputan khas daerah.

"Saya mengapresiasi dan mendukung atas terciptanya kain jumputan gambo Musi Banyuasin. Selama ini, kain jumputan selalu identik dengan jumputan Palembang. Kain jumputan gambo Musi Banyuasin ini bagus," ujarnya Didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya itu.

Dia mengatakan, dirinya akan segera menyampaikan usulan dari Ketua TP PKK Musi Banyuasin Mutia Yufada kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk memasukkan teknik pengolahan getah gambir (gambo Muba) ke dalam kurikulum pendidikan.

"Hal ini dinilai baik untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan getah gambir sebagai bahan pewarna alami," ujar dia.

Selain itu, katanya, dengan adanya kreasi khas tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Dalam kunjungan kerja itu Ketua TP PKK Sumsel juga mendorong daerah tersebut menjadikan sambal salai sebagai makanan khas Musi Banyuasin.

Apalagi kabupaten tersebut terkenal dengan penghasil ikan sehingga salai atau ikan dikeringkan itu dapat dijadikan makan khas.

Kunjungan kerja TP PKK Sumsel tersebut untuk menyambung silaturahim dan mensinergikan program kerja PKK di tahun 2019.

"Kunjungan kerja ini sebagai bentuk silaturahim antara PKK Sumsel dengan PKK kabupaten Banyuasin, sekaligus mensinergikan program kerja PKK ke depan," tambah dia.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar